Ini Sosok 3 Jenderal TNI Pendiri Universitas Pertahanan

Selasa, 21 Februari 2023 - 16:24 WIB
loading...
Ini Sosok 3 Jenderal TNI Pendiri Universitas Pertahanan
Berdirinya Universitas Pertahanan Indonesia pada 2009 silam tak lepas dari jasa tiga sosok Jenderal TNI. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Berdirinya Universitas Pertahanan Indonesia pada 2009 silam tak lepas dari jasa tiga sosok Jenderal TNI . Salah satunya bahkan saat itu tengah mejabat Presiden RI ke enam.

Penetapan Universitas Pertahanan (Unhan) RI tercantum dalam Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009. Pendirian Perguruan Tinggi ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut laman resmi Universitas Pertahanan Indonesia, Unhan merupakan lembaga pendidikan tinggi yang unik karena mengkhususkan diri pada studi pertahanan setingkat S1, S2 dan S3.

Baca juga : Daftar 15 Pendiri Universitas Pertahanan, Mayoritas Berlatar Belakang Militer

Sejarah terbentuknya Perguruan Tinggi ini dipelopori oleh Jenderal TNI Djoko Santoso, dan terdapat dua Perwira Tinggi TNI lain yang turut membidani berdirinya universitas ini.

Berikut profil singkat tiga tokoh Jenderal TNI pendiri Universitas Pertahanan :

1. Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso

Jenderal TNI Djoko Santoso yang kala itu masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) berinisiatif membentuk Sekolah Komando Angkatan Darat (Seskoad).

Lembaga pendidikan tersebutlah yang menjadi cikal bakal Universitas Pertahanan Indonesia. Ide untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi yang mempelajari studi pertahanan ini disambut baik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Nama Jenderal TNI Djoko Santoso tentulah sudah tidak asing, lantaran jenderal bintang empat itu merupakan mantan Panglima TNI yang menjabat pada 28 Desember 2007 hingga 28 September 2010.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4238 seconds (0.1#10.140)