5 Mitos Dunia Perkuliahan yang Perlu Diketahui Calon Mahasiswa

Kamis, 23 Februari 2023 - 10:33 WIB
loading...
5 Mitos Dunia Perkuliahan yang Perlu Diketahui Calon Mahasiswa
5 mitos dunia perkuliahan yang perlu diketahui calon mahasiswa baru. Foto/Kalbis Institute.
A A A
JAKARTA - Bagi mahasiswa baru yang baru saja meninggalkan bangku sekolah, dunia perkuliahan akan menjadi dunia baru yang akan dijelajahi. Tidak hanya mengenal mata kuliah ataupun dosen namun juga perlu mengenal mitos-mitos dunia perkuliahan yang belum tentu terbukti kebenarannya.

Untuk memperlancar kuliah hingga lulus, mahasiswa baru memang perlu menjelajahi apa saja yang ada di kampusnya. Baik itu ruang kelas, ruang praktikum, bahkan kantin untuk santai sejenak usai kuliah.

Selain itu, mahasiswa baru juga perlu mengenal birokrasi kampus. Mulai dari rektor, dosen, bahkan juga kalian perlu mengenal unit kegiatan mahasiswa untuk menambah aktivitas di kampus.

Namun dibalik itu, masih banyak mitos-mitos di dunia perkuliahan yang beredar di tengah masyarakat. Tidak jarang, mitos-mitos tersebut membuat calon mahasiswa menjadi salah paham tentang dunia perkuliahan.

Nah, calon mahasiswa pun jangan asal percaya mitos-mitos yang menyebar luas di masyarakat itu. Berikut ini ada lima mitos tentang dunia perkuliahan yang perlu kalian ketahui, dikutip dari Instagram BPPP Kemendikbudristek.

Baca juga: Gagal di SNBP 2023? Coba Daftar ke IPB Lewat 3 Jalur Khusus Ini

1. Bebas Masuk Kelas bahkan Bisa Bolos Kuliah

Mitos bebas masuk kelas sesuka hati banyak tersebar di kalangan masyarakat. Padahal faktanya, jumlah presensi atau kehadiran bisa memengaruhi nilai akumulatif seuatu mata kuliah.

Memang ada jatah untuk mahasiswa tidak hadir di kelas pada masing-masing mata kuliah. Namun jika jumlah ketidakhadiran melebihi jatah yang ditentikan, nilai E alias gagal alias mengulang kelas bisa terjadi. Jangan sampai niat lulus kuliah cepat jadi gagal karena malas masuk kuliah.

2. Bebas Berpakaian
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)