9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Banyak Bekerja di DJP

Kamis, 23 Februari 2023 - 15:39 WIB
loading...
9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Banyak Bekerja di DJP
Berikut ini 9 jurusan kuliah yang lulusannya banyak bekerja di DJP (Direktorat Jenderal Pajak). Foto/YouTube DJP.
A A A
JAKARTA - DJP ( Direktorat Jenderal Pajak ) merupakan lembaga di bawah Kemenkeu yang memiliki wewenang merumuskan dan melaksanakan kebijakan, sampai tahap standardisasi teknis pada bidang perpajakan. Ada berbagai jurusan kuliah yang bisa bekerja di DJP. Apa saja? Berikut daftarnya.

Dikutip dari laman resminya, DJP mengemban tugas sebagai perumus dan pelaksana kebijakan di bidang perpajakan, menyusun norma, standar, prosedur, dan kriteria perpajakan, memberi bimbingan teknis dan evaluasi, serta pelaksana administrasi DJP.

DJP saat ini memiliki jumlah kantor operasional sebanyak 500 unit lebih dengan jumlah pegawai mencapai 42.000 orang yang ditempatkan di seluruh penjuru Indonesia.

Salah satu organisasi besar di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini pun memerlukan sumber daya manusia yang mumpuni dari berbagai jurusan kuliah.

Bagi kalian yang ingin bekerja di DJP, berikut ini 9 jurusan kuliah yang lulusannya banyak bekerja di DJP seperti yang telah dirangkum Tim Litbang MPI.

1. Perpajakan

Seseorang dengan latar belakang perpajakan sudah pasti dibutuhkan Kemenkeu untuk bekerja di DJP. Melansir data yang ada di laman Kemenkeu, lulusan jurusan perpajakan terutama dari D3, diperlukan untuk beberapa posisi di DJP.

Kebutuhannya seperti pengelola data dan dokumen perpajakan, pengelola data pelayanan perpajakan, pengelola keuangan, pengolah data penagihan pajak, pengolah data penyuluhan dan layanan informasi, serta pengolah data satuan pengawas internal.

Beberapa kampus di Indonesia yang memiliki jurusan pajak adalah Universitas Mataram, Universitas Surabaya, Universitas Pancasila, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Perbanas Institute, dan Politeknik Negeri Lampung.

2. Teknik Informatika
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5018 seconds (0.1#10.140)