Profil SMA Taruna Nusantara, Sekolah Semi-Militer Terbaik di Indonesia

Kamis, 23 Februari 2023 - 16:29 WIB
loading...
Profil SMA Taruna Nusantara, Sekolah Semi-Militer Terbaik di Indonesia
SMA Taruna Nusantara merupakan salah satu sekolah menengah atas semi-militer terbaik di Indonesia. Foto DOK TNI AU
A A A
JAKARTA - SMA Taruna Nusantara merupakan salah satu sekolah menengah atas semi-militer terbaik di Indonesia. Sekolah ini berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

SMA Taruna Nusantara atau yang dikenal dengan SMA TN dikelola oleh lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) yang berada dibawah naungan Yayasan Pengembangan Sumber Daya Pertahanan (YPSDP).

Sekolah yang sering kali disebut memiliki budaya semi-militer ini ternyata memiliki sejarah panjang dalam pendiriannya.

Baca juga : Didampingi Kasad, Prabowo Beri Pembekalan Siswa SMA Taruna Nusantara

Dikutip dari laman resmi SMA Taruna Nusantara, ide dari pembuatan sekolah ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan saat itu, Jenderal TNI L.B. Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta.

Kala itu beliau menginginkan pembangunan sebuah sekolah yang mempunyai visi untuk mendidik manusia-manusia terbaik dari seluruh Indonesia dan menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan cita-cita para Proklamator bangsa.

Untuk merealisasikannya, maka dibuatlah MoU atau nota kesepahaman antara ABRI dan Taman Siswa. Perguruan Taman Siswa dipilih karena merupakan organisasi pendidikan pertama di Indonesia.

Dalam nota kesepahaman tersebut dibentuklah suatu lembaga bernama Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara atau LPTTN.

Dalam perjalanannya, Taruna Nusantara akhirnya bisa berdiri dan diresmikan oleh Panglima Angkatan Bersenjata kala itu, Jenderal Try Sutrisno pada tanggal 14 Juli 1990.

SMA Taruna telah menempati lahan seluas 18,5 hektar yang kemudian untuk didirikan komplek bangunan Akademik, Asrama siswa dan komplek perumahan pamong dan guru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)