Makin Unggul, UT Menjadi Universitas Pencetak CPNS Terbanyak

Minggu, 26 Februari 2023 - 08:38 WIB
loading...
Makin Unggul, UT Menjadi Universitas Pencetak CPNS Terbanyak
Universitas Terbuka, universitas pencetak CPNS terbanyak (Foto: doc. UT)
A A A
JAKARTA - Universitas pencetak CPNS terbanyak, universitas manakah itu? Berdasarkan data yang dilansir sebuah lembaga negara menyebutkan, Universitas Terbuka (UT) merupakan kampus pencetak pegawai negeri.

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi idaman bagi sebagian besar lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Masa tua yang lebih terjamin dengan tunjangan dana pensiunan menjadi salah satu alasan mereka ingin berkarir sebagai PNS.

Selama ini jebolan kampus-kampus negeri merupakan yang paling banyak lolos menjadi PNS. Karena itu lulusan SMA/sederajat mengincar perguruan-perguruan tinggi negeri untuk kuliah, dengan harapan setelah lulus mendapat peluang lebih besar lolos jadi PNS. Mereka mencari perguruan tinggi yang alumnusnya banyak menjadi pegawai negeri.

Salah satu perguruan tinggi pencetak CPNS terbanyak adalah Universitas Terbuka (UT). Itulah sebabnya banyak lulusan SMA/sederajat yang ingin menjadi PNS, mereka akan berbondong-bondong untuk kuliah di UT.

Sebagai universitas yang terpercaya dan dipercaya oleh pemerintah untuk mengemban misi memeratakan pendidikan bagi seluruh warga negara Indonesia di manapun mereka berada, UT berkomitmen penuh untuk melaksanakan mandat tersebut. UT menjadi perguruan tinggi yang bermutu dan terbukti menjadi universitas pencetak CPNS terbanyak.

Perguruan tinggi yang diresmikan pada 1984 melalui Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1984, UT memang dirancang untuk memfasilitasi mereka yang tidak mempunyai kesempatan menyelesaikan studinya di perguruan tinggi karena berbagai hambatan termasuk faktor ekonomi, geografis, dan demografis.
Makin Unggul, UT Menjadi Universitas Pencetak CPNS Terbanyak

Rektor UT Prof Ojat Darojat pada Dies Natalis ke-38 UT. Foto/Tangkap layar YouTube UT

UT hadir untuk menjangkau masyarakat yang tak terjangkau. UT terus mengembangkan diri menjadi institusi pendidikan tinggi yang mempunyai nilai bagi berbagai lapisan masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri. Kualitas lulusan UT bahkan mampu bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi negeri seperti UI, UGM, ITB, dan perguruan tinggi negeri lainnya.

UT secara konsisten dan konstruktif terus berupaya dan menunjukkan komitmen untuk menjadi yang terbaik dalam memberikan layanan pendidikan melalui sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ), yang disesuaikan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi. Komitmen tersebut tercermin dari data bahwa UT menjadi universtas penghasil CPNS terbaik.

Dalam daftar 10 universitas paling banyak mencetak CPNS, UT merupakan perguruan tinggi dengan jumlah alumnusnya terbesar lolos CPNS, sebagaimana dilansir dari laman BKN berikut ini:

1. Universitas Terbuka (UT)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
4. Universitas Sebelas Maret (UNS)
5. Universitas Negeri Semarang (Unnes).
6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
7. Universitas Diponegoro (Undip)
8. Universitas Negeri Makassar (UNM)
9. Universitas Sumatera Utara (USU)
10. Universitas Sriwijaya (Unsri)

Referensi ini, tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan, sebelum menentukan universitas mana yang bakal dipilih. Namun bila merujuk data di atas, UT pastinya memberi peluang yang lebih besar bagi lulusannya untuk lolos tes CPNS sebagaimana data tersebut. Selain itu fakta juga menunjukkan banyak lulusan UT yang memegang jabatan publik.

Bila kamu sudah mantap untuk kuliah di UT, Universitas Pencetak CPNS Terbanyak, dapatkan informasi lebih lanjut untuk pendaftaran dan informasi lainnya di sini.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)