FTUI Buka Program S2 Peminatan Energi dan Proses Berkelanjutan

Sabtu, 25 Februari 2023 - 10:44 WIB
loading...
FTUI Buka Program S2 Peminatan Energi dan Proses Berkelanjutan
FTUI membuka program S2 peminatan Energi dan Proses Berkelanjutan untuk mendukung energi bersih terbarukam. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Fakultas Teknik Universitas Indonesia ( FTUI ) menyediakan program Magister ( S2 ) Peminatan Energi dan Proses Berkelanjutan (EPB). Program ini dibuka untuk merespon proses produksi energi bersih terbarukan.

Program Magister peminatan EPB ini berada di bawah naungan Departemen Teknik Kimia. Fokusnya adalah peningkatan kinerja kebijakan, perencanaan, eksplorasi, pengaturan, pembangunan, dan proses di industri energi terbarukan untuk mewujudkan ketahanan energi nasional.

Ketua Departemen Teknik Kimia FTUI Dr. Bambang Heru Susanto menjelaskan, salah satu kelebihan peminatan EPB ini adalah pada fleksibilitas yang dimiliki.

Baca juga: Mahasiswa ITB Buka Sakola Kembara, Sekolah Gratis untuk Anak Desa

"Lulusan program EPB akan diperlukan di berbagai bidang terkait perancangan di industri EPC (Engineering, Procurement & Construction)," katanya, melalui siaran pers, Sabtu (25/2/2023).

Sedangkan posisi yang bisa dipilih yaitu sebagai Process Engineer, pelaksana dan pengelola penyediaan energi (seperti di perusahaan pembangkit, PLN), ahli lingkungan hidup (dekarbonisasi), instansi pemerintah (pengambil keputusan), dosen, peneliti, serta wirausahawan.

Adanya Program S2 DTK FTUI peminatan EPB ini, diharapkan menghasilkan para lulusan yang terdidik, berpengetahuan, dan handal dalam mengelola isu-isu terkait eksplorasi, penyediaan dan distribusi energi berkelanjutan melalui rekayasa proses yang mendukung konsep dan pilihan-pilihan teknologi proses yang efesien, efektif, dan berkelanjutan.

Baca juga: Perkuat Riset dan Inovasi ASEAN, UI-Victoria State Government Australia Berkolaborasi

Kedepannya, lulusan EPB akan dapat berkontribusi langsung dalam peningkatan ketersediaan energi berkelanjutan yang tercermin dengan terlihatnya keberpihakan kebijakan dan penggunaan energi berkelanjutan dan pilihan rekayasa prosesnya baik secara kuantitatif maupun kualitatif di tempat mereka bekerja.

Pada tahun akademik 2023/2024 ini, DTK FTUI membuka tiga peminatan baru untuk Program Magister. Ketiga peminatan tersebut, yaitu Energi dan Proses Berkelanjutan (EPB), Manajemen Keselamatan Proses (MKP), dan Teknologi Intensifikasi Proses (TIP).

Tiga peminatan baru ini menambah jumlah peminatan yang tersedia di DTK FTUI dari sebelumnya lima peminatan (Teknologi Gas, Katalis Industri, Perlindungan Lingkungan & Keselamatan Kerja, Perancangan Produk & Proses Kimia, dan Manajemen Gas) menjadi delapan peminatan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)