Kemenkominfo Gandeng Kampus untuk Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat

Selasa, 28 Februari 2023 - 16:41 WIB
loading...
Kemenkominfo Gandeng Kampus untuk Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat
Kemenkominfo menggandeng kampus untuk meningkatkan literasi digital masyarakat. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Upaya meningkatkan literasi digital di masyarakat masih perlu ditingkatkan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Kemenkominfo pun dalam hal ini menggandeng berbagai institut serta perguruan tinggi .

Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Bonifasius Wahyu Pudjianto menjelaskan, literasi digital tidak bisa dilakukan hanya oleh satu pihak melainkan kerja sama berbagai pihak dengan masif.

Dia menyampaikan, kolaborasi baru saja terjadi saat Kemenkominfo menandatangani 12 Perjanjian Kerja Sama dengan berbagai Institut serta perguruan tinggi.

Baca juga: Beasiswa S2 Khusus Wanita ke UK Dibuka, Ada Tunjangan Bulanan Rp20 Juta

“Kami mengharapkan kampus sebagai jantung dari akademik dan para mahasiswa penerus bangsa, akan meneruskan cita-cita untuk menciptakan Indonesia makin maju," katanya, melalui siaran pers, Selasa (28/2/2023).

Dia mengatakan, salah satu kegiatan yang akan diwujudkan adalah kementerian akan hadir bersama para pakar untuk memberikan kuliah terbuka, serta melakukan kerjasama dengan kampus melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN).

"Dengan usaha ini, kami berharap program literasi digital akan tersampaikan kepada para mahasiswa. Dengan demikian mahasiswa juga akan memberikan literasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Tidak hanya dengan kampus, katanya, namun Kemenkominfo juga akan bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. “Salah satu target Kominfo adalah meningkatkan literasi melalui pengabdian kepada masyarakat supaya mengetahui unsur-unsur literasi digital, oleh karena itu kami perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak,” tambahnya.

Baca juga: 5 Perusahaan Multinasional Bergengsi Rekomendasi untuk Fresh Graduate

“Harapan kami adalah terjadinya peningkatan indeks literasi digital di tahun 2023 ini, serta semakin fokus pada edukasi informasi-informasi yang positif. Kami mengharapkan adanya partisipasi mahasiswa kepada masyarakat untuk dapat mengurangi disinformasi,” ujar Bonifasius.

Bonifasius kembali menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah berkolaborasi bersama Kemenkominfo. Kolaborasi akan terus dilanjutkan dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia agar Indonesia semakin terkoneksi, semakin maju.

Ketua Umum Siberkreasi, Donny BU mengatakan, saat ini lebih banyak generasi yang akan produktif di tahun 2030-2035. Pada 2035, dia menjelaskan, diharapkan mahasiswa lulusan S1 memiliki kemampuan digital yang luar biasa, maka kalau ditarik mundur dari sekarang, mereka saat ini ada di usia 10 tahun kelas 5-6 SD.

"Oleh karena itu, mohon bantuan Bapak dan Ibu agar membantu mempersiapkan generasi ini,” tandasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)