UI Buka 2 Prodi Baru di Fakultas Teknik pada Kelas Internasional

Rabu, 01 Maret 2023 - 10:43 WIB
loading...
UI Buka 2 Prodi Baru di Fakultas Teknik pada Kelas Internasional
UI membuka dua program studi (prodi) baru di Fakultas Teknik untuk kelas internasional, yaitu Teknik Perkapalan dan Teknik Bioproses. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia ( UI ) membuka dua program studi ( prodi ) baru di Fakultas Teknik (FT) untuk jenjang pendidikan sarjana kelas internasional (KI). Dua prodi anyar tersebut adalah Teknik Perkapalan dan Teknik Bioproses.

Penambahan kedua prodi ini, menjadikan pilihan prodi yang tersedia untuk jenjang Sarjana Kelas Internasional FTUI bertambah. Sebelumnya hanya 7 prodi kini menjadi 9 prodi untuk penerimaan mahasiswa baru UI Tahun Akademik 2023/2024.

Dekan FTUI Prof. Dr. Heri Hermansyah mengatakan, program Sarjana Kelas Internasional membuka kesempatan bagi mahasiswa FTUI untuk mendapatkan akses pendidikan berkualitas tinggi di kampus teknik terbaik di Indonesia dan luar negeri.

Baca juga: PKN STAN Gunakan Hasil UTBK SNBT 2023, Cek Jadwal Seleksinya

Menurutnya, setelah menempuh pendidikan selama 3.5-4 tahun, saat lulus mahasiswa akan mendapatkan dua gelar sarjana, dari UI dan dari perguruan tinggi mitra yaitu salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia.

“Diharapkan lulusan program ini akan mampu bersaing di kancah internasional dan memanfaatkan jejaring antarbangsa untuk berkarya kedepannya,” kata dekan FTUI, melalui siaran pers, Rabu (1/3/2023).

Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan yang juga menjabat sebagai Kepala International Office FTUI Prof. Dr. Ir. Harinaldi menjelaskan, program Sarjana KI memberikan pengalaman global dalam pembelajarannya dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantar di kelas.

“FTUI telah menyelenggarakan program Double Degree KI sejak tahun 1999 dimana pada saat lulus mahasiswa akan mendapat dua gelar sarjan,” terangnya.

Baca juga: SPMB PKN STAN 2023, Terbuka untuk Lulusan 2021 hingga 2023

Dia menjelaskan, mulai 2011, FTUI membuka program Single Degree. Mahasiswa mendapatkan akses pendidikan di universitas mitra luar negeri selama minimal satu semester dan lulus dengan gelar sarjana dari UI. Batas usia pendaftar untuk program ini adalah lima tahun dari tahun lulus SMA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)