4 Universitas Swasta yang Menyediakan Program Fast Track

Kamis, 02 Maret 2023 - 16:05 WIB
loading...
4 Universitas Swasta yang Menyediakan Program Fast Track
Terdapat sejumlah universitas swasta yang menyediakan program fast track. Salah satunya Universitas Ahmad Dahlan. Foto DOK UAD
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah universitas swasta yang menyediakan program fast track . Kampus yang menyediakan program ini menjadi incaran mahasiswa karena tergolong singkat dalam menyelesaikan program pendidikan baik S1 dan S2.

Secara umum program fast track merupakan salah satu program akselerasi. Program ini hampir mirip dengan program akselerasi yang terdapat di beberapa sekolah.

Sedangkan fast track sendiri merupakan program yang ada di jenjang pendidikan tinggi. Program ini biasanya ditawarkan kepada mahasiswa program S1 yang kemudian dikolaborasikan dengan keseluruhan materi dari S2.

Baca juga : 6 Kampus Ini Menyediakan Program Fast Track, Pilih Mana?

Berikut empat Universitas swasta yang menyediakan program fast track:

1. Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan atau UAD telah menerapkan program fast track untuk Fakultas Agama Islam (FAI). Program ini diberikan kepada mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan.

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang akan mendaftar program fast track adalah sebagai berikut :

- Mahasiswa aktif semester 6 dan 7 FAI UAD,
- Telah menyelesaikan 110 Satuan Kredit Semester (SKS)
- Memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,25
- Menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris
- Memiliki rencana penelitian Skripsi (S1) yang berpotensi dilanjutkan sebagai penelitian Tesis (S2)

2. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan kini telah menyediakan program fast track untuk mahasiswanya. Program ini tersedia untuk prodi Matematika, Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Industri.

Calon mahasiswa yang mengambil program ini dapat mengambil S1 di UPH dan S2 di La Trobe University, Australia. Diketahui pendidikan yang ditempuh hanya dalam kurun waktu 5 tahun saja.

Baca juga : Mengenal Program Fast Track Sarjana ke Magister di UGM

3. Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha juga telah menyediakan program fast track untuk memfasilitasi mahasiswa yang unggul dalam bidang akademik.

Dalam program ini masa studi S1 paling lama 7 semester dan keseluruhan program sarjana dan magister paling lama 11 semester.

Dilansir dari laman resminya, persyaratan yang harus dipenuhi yakni sebagai berikut :

- Berstatus mahasiswa aktif Universitas Kristen Maranatha
- Telah menempuh 5 semester di program sarjana dan telah lulus paling sedikit 110 SKS dengan IPK min. 3.25 dan nilai min. C
- Menandatangani pernyataan tidak mengajukan cuti akademik selama menempuh program fast track.

4. Universitas Sahid Jakarta

Universitas Sahid Jakarta diketahui telah menyediakan program fast track pada program studi komunikasi. Dengan mendaftar program ini, mahasiswa nantinya akan mendapatkan dua gelar yakni gelar sarjana ilmu Komunikasi (S.Ikom) dan gelar Magister Ilmu Komunikasi (M.Ikom).

Untuk program sarjana dan magister Ilmu Komunikasi saat ini sudah terakreditasi “Baik Sekali” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)