Diikuti 60 Negara, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade Geografi Internasional

Kamis, 02 Maret 2023 - 20:05 WIB
loading...
Diikuti 60 Negara, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade Geografi Internasional
Kunjungan Task Force International Geography Olympiad (iGeo) ke kantor Kemendikbudristek. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Tahun ini Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan International Geography Olympiad ( iGeo ) ke-19 yang rencananya akan diselenggarakan pada 8-14 Agustus 2023 di Bandung, Jawa Barat. Pelaksanaan iGeo ke-19 akan dihadiri sekitar 300 peserta dan pendamping dari 60 negara.

Sebagai persiapan iGeo, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menerima kunjungan Task Force sebagai wujud kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah iGeo.

Sekretaris Jenderal (Sesjen), Kemendikbudristek, Suharti, berharap kunjungan tersebut dapat membuktikan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah iGeo pada tahun ini.

“Sebelumnya, pada tahun lalu Kemendikbudristek telah sukses menyelenggarakan International Olympiad in Informatics (IOI). Kami berharap lewat kunjungan Task Force ini dapat menunjukkan ke mata dunia bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah iGeo,” tuturnya, melalui siaran pers, Kamis (2/3/2023).

Baca juga: Gadis Asal Papua Ini Berhasil Jadi Dokter dengan Beasiswa ADik, Apa Kunci Suksesnya?

Suharti menjelaskakn, ajang iGeo di Indonesia tidak hanya sekadar lomba saja. Para peserta nantinya bisa mengenal beragam seni dan budaya yang ada di Indonesia. Tentunya, peserta akan membawa pulang pengalaman yang berharga.

Senada dengan Sesjen Kemendikbudristek, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Hendarman mengatakan, kegiatan kunjungan Task Force merupakan salah satu rangkaian persiapan Indonesia menjadi tuan rumah iGeo.

“Kita sudah melakukan yang terbaik untuk persiapan iGeo. Tujuan dari kunjungan Task Force adalah untuk memperkenalkan Indonesia dan Jawa Barat khususnya kota Bandung sebagai tuan rumah iGeo,” ucapnya.

“Penyelenggaraan iGeo di Indonesia adalah hasil kerja sama dari berbagai pihak, terutama Kemendikbudristek melalui Puspresnas yang didukung oleh Ikatan Alumni Tim Olimpiade Geografi Indonesia,” tambahnya.

Kunjungan Task Force iGeo ke Indonesia diwakili oleh Su-Min Shen dari Department of Geography, National Taiwan Normal University dan Hana Svobodová dari Department of Geography, Faculty of Education, Masaryk University, Republik Ceko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)