Menkop UKM Teten Masduki Ajak IKA UNDIP Tingkatkan Rasio Kewirausahaan Indonesia

Jum'at, 03 Maret 2023 - 11:09 WIB
loading...
Menkop UKM Teten Masduki Ajak IKA UNDIP Tingkatkan Rasio Kewirausahaan Indonesia
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengajak Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP) untuk ikut meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia.
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengajak Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP) untuk ikut meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia.

Menurut MenkopUKM Teten Masduki, ikatan alumni perguruan tinggi punya peran penting agar Indonesia segera masuk dalam kategori negara maju dengan masyarakat yang sejahtera. Dalam hal ini, dia menawarkan kerja sama dengan IKA UNDIP untuk membangun inkubator bisnis di lingkungan kampus guna menyiapkan anak muda atau mahasiswa untuk menjadi wirausaha.

"Untuk menyongsong 2045 kita diprediksi menjadi empat kekuatan ekonomi dunia. Selain infrastruktur, kita juga perlu peningkatan wirausaha. Itu pendekatannya inkubator dengan memanfaatkan jejaring alumni yang bekerja di swasta dan pemerintah untuk memupuk entrepreneur. Kita harus siapkan mereka menjadi bagian job creation," ucapnya dalam Rapat Kerja Nasional IKA UNDIP di Jakarta, Sabtu (25/2/2023) malam.

Lebih lanjut, Menteri Teten mengatakan bahwa ikatan alumni punya peran penting untuk menjadi bagian ekosistem Indonesia yang modern. Pihaknya kini tengah menyiapkan rasio wirausaha Indonesia untuk naik. Karena untuk menjadi negara maju, Indonesia perlu rasio kewirausahaan yang kuat minimal 4 persen.

"Kita baru 3,7 persen. Negara maju sekitar 7 sampai 12 persen. Singapura 8,6 persen entrepreneur. Thailand dan Malaysia di atas juga. Ini harus disiapkan," kata Menteri Teten.

Teten menegaskan peran perguruan tinggi untuk evolusi UMKM menjadi wirausaha maju sangat luar biasa. Dia mencontohkan, Universitas Nottingham dan Universitas Melbourne telah berhasil menjadi perguruan tinggi yang mengembangkan kewirausahaan. Berkaca dari hal itu, dia mendorong perguruan tinggi untuk mengubah pola pikirnya agar wirausaha di Indonesia dapat meningkat secara signifikan.

"Jadi setiap tahun ada 3,5 juta lulusan SMA sampai universitas dan 1,7 persen di antaranya adalah sarjana yang mau masuk kerja. Kalau kampus masih siapkan mahasiswanya untuk jadi pegawai swasta atau pemerintah, kita punya masalah yakni angka pengangguran yang tinggi," tuturnya.

Pada kesempatan dan tempat yang sama, Ketua Umum DPP IKA UNDIP Abdul Kadir Karding menambahkan bahwa IKA UNDIP siap menjadi inkubator bisnis untuk menyiapkan peningkatan pelaku usaha di Indonesia guna menyongsong Indonesia Emas 2045.

"IKA UNDIP dapat menjadi inkubator. Nantinya kita bisa scale up alumni atau mahasiswa sehingga punya keterampilan bisnis. Kita juga akan membuka jaringan sektor usaha agar mahasiswa bisa magang dan dapat pelatihan dari perusahaan. Peran alumni di semua sektor bisa melakukan ini," katanya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3057 seconds (0.1#10.140)