Mengapa Seragam SMA Putih Abu-Abu? Seperti Ini Alasannya

Sabtu, 04 Maret 2023 - 09:33 WIB
loading...
Mengapa Seragam SMA Putih Abu-Abu? Seperti Ini Alasannya
Makna dan sejarah mengapa seragam SMA berwarna putih abu-abu. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Warna dari setiap seragam sekolah pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia memiliki cerita di baliknya. Lalu bagaimana sejarah seragam SMA berwarna putih abu-abu?

Pakaian siswa yang diseragamkan itu dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar siswa. Selain itu juga memperkecil rasa kebanggaan yang berlebih-lebihan terhadap sekolahnya masing-masing.

Adanya seragam sekolah juga untuk memperkecil perbedaan status sosial keluarga murid itu berasal. Demikian 3 alasan pengenaan seragam sekolah yang tercantum di Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah No 52 tanggal 17 Maret 1982.

Baca juga: Tim Robotik MTsN 1 Pati Raih Medali Ajang 7th Asian Junior Robot Cup 2023 di Malaysia

Pemilihan warna seragam sekolah itu juga bukan asal pilih. Di balik itu, pemakaian warna putih abu-abu untuk siswa di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki sejarah dan makna filosofis tersendiri. Dikutip dari Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat @disdikjabar, berikut ini fakta menariknya.

Pada mulanya, pemakaian seragam sekolah ini mulai muncul pada abad 16 di Inggris. Seragam sekolah kala itu berfungsi untuk mempromosikan kesetaraan sosial di kalangan peserta didik dan menunjukkan identitas setiap satuan pendidikan.

Praktik pemakaian seragam sekolah ini pun kemudian menyebar ke negara-negara lain, begitu juga di Indonesia. Di Tanah Air, seragam sekolah wajib dikenakan oleh setiap siswa, baik itu tingkat SD, SMP, dan juga SMA.

Tiap tingkat pendidikan pun memiliki warna seragam berbeda. Pemerintah mengaturnya dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah No 52 tanggal 17 Maret 1982.

Baca juga: Mulai Maret, 59.852 Santri Pesantren Salafiyah Ikuti Ujian Pendidikan Kesetaraan

Surat Keputusan itu mengatur mengenai warna-warna seragam yang resmi untuk dipakai di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia. Surat Keputusan itu juga berisi penjelasan akan maknanya.

Khusus untuk seragam SMA yang berwarna abu-abu, hal ini memberi arti bahwa anak SMA itu tenang dan dewasa. Mengingat usia anak SMA sudah lebih matang maka siswa SMA harus bisa lebih tenang dan dewasa.

Demikian alasan di balik warna seragam putih abu-abu untuk siswa jenjang SMA. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)