Ini 3 Kampus dengan Jurusan Kuliah Fashion Design Terbaik di Indonesia

Senin, 06 Maret 2023 - 15:06 WIB
loading...
Ini 3 Kampus dengan Jurusan Kuliah Fashion Design Terbaik di Indonesia
Terdapat sejumlah jurusan kuliah fashion design terbaik di Indonesia. Salah satunya Universitas Negeri Jakarta. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah fashion design terbaik di Indonesia. Salah satu di antaranya telah mendapatkan akreditasi sangat baik.

Fashion Design atau Tata Busana merupakan sebuah program studi yang mempelajari teknik mendesain, seluk beluk produksi busana atau fashion, belajar pola hingga menjahit.

Dari sekian banyaknya kampus di Indonesia yang mempunyai jurusan kuliah fashion design, terdapat beberapa perguruan tinggi yang mempunyai keunggulan tersendiri. Sehingga beberapa di antaranya menjadi kampus dengan jurusan fashion design terbaik.

Baca juga : Ini 8 PTN dengan Jurusan Kuliah Psikologi Terbaik, Akreditasi A

Berikut tiga kampus dengan jurusan kuliah fashion design terbaik di Indonesia

1. Universitas Pendidikan Indonesia

Jurusan fashion design Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi salah satu jurusan terbaik. Saat ini jurusan tata busana ini menyandang akreditasi A atau sangat baik.

Selain mendapatkan akreditasi terbaiknya, Universitas Pendidikan Indonesia melalui jurusan fashion design telah bekerja sama dengan sekolah menengah kejuruan serta beberapa mitra dari kalangan industri se-Indonesia.

Lulusan dari jurusan fashion design UPI dapat menjadi pengajar keterampilan atau guru vokasional di lembaga pendidikan formal dan nonformal, baik berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun pegawai tetap non PNS.

Baca juga : 12 PTN dengan Jurusan Kuliah Teknik Informatika Terbaik, Akreditasi A

2. Universitas Negeri Jakarta

Jurusan fashion design Universitas Negeri Jakarta (UNJ) juga telah menyandang akreditasi A dan masuk dalam daftar jurusan terbaik di Indonesia. Lulusan dari jurusan ini akan mendapatkan gelar SPd (Sarjana Pendidikan).

Dikutip dari laman resminya, Untuk lulusan dari jurusan fashion design UNJ sendiri telah menghasilkan tenaga pengajar atau instruktur pada pendidikan formal dan non formal yang memiliki wawasan IPTEKS serta mempunyai kemampuan managerial di bidang tata busana.

3. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang juga menjadi salah satu kampus yang menyediakan Fashion Design terbaik di Indonesia. Nilai akreditasi dari jurusan fashion design UNNES adalah B.

Dikutip dari laman resminya, lulusan dari S1 jurusan kuliah fashion design UNNES juga bisa mengembangkan diri dibidang Instruktur Trainer, Widyaiswara, Wirausahawan dan Industri Busana.

Apabila para alumni ingin bekerja di bidang pelayanan masyarakat, mereka juga dapat berperan sebagai Guru SMK bidang Busana, Instruktur Bidang Busana (BLK, Depnakertrans, disperindag, LPK) dan Staf manajemen di industri busana.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)