7 Jurusan Pendidikan yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja

Senin, 06 Maret 2023 - 16:33 WIB
loading...
7 Jurusan Pendidikan yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja
7 jurusan pendidikan yang lulusannya banyak dibutuhkan dunia kerja. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Beberapa jurusan bidang pendidikan ini memberikan peluang lebih kepada para lulusannya untuk diterima dunia kerja lebih cepat. Apa saja daftar jurusan kuliah nya?

Jurusan kuliah menjadi salah satu poin penting bagi calon mahasiswa yang ingin lanjut menuntut ilmu di perguruan tinggi. Dengan memilih jurusan kuliah yang tepat, mahasiswa akan semakin semangat kuliah dan lulus tepat waktu.

Jurusan di bidang pendidikan pun bisa dilirik oleh calon mahasiswa baru. Hal ini karena bidang pendidikan merupakan bidang yang akan selalu dibutuhkan di masa depan.

Jurusan bidang pendidikan yang bisa dilirik pun bukan hanya Pendidikan Guru SD (PGSD). Namun ada pula Teknologi Pendidikan, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Vokasional Desain Fashion, juga Pendidikan Masyarakat/Pendidikan Luar Sekolah, serta Bimbingan dan Konseling.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Terfavorit SBMPTN ITS 2022 Saintek, Referensi SNBT 2023

Selain itu jurusan kuliah yang bersinggungan dengan mata pelajaran tertentu seperti Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Inggris juga, menurut laman Quipper, termasuk jurusan yang terbilang menjanjikan.

Ketujuh jurusan kuliah ini memiliki prospek kerja yang baik karena kebutuhan pasar dan juga ketersediaan lapangan kerja di bidang terkait bagi para alumninya.

Dikutip dari laman Quipper, berikut ini tujuh jurusan bidang pendidikan yang lulusannya banyak dibutuhkan dunia kerja. Informasi ini bisa dimanfaatkan calon mahasiswa baru yang ingin memilih jurusan kuliah.

7 Jurusan Pendidikan yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja

1. Teknologi Pendidikan


Pengembangan kurikulum serta pemanfaatan teknologi bagi dunia pendidikan menjadi area pembelajaran bagi mahasiswa jurusan ini.

Beberapa mata kuliah yang akan ditemui seperti Pengembangan Pembelajaran Berbasis E-learning, dan Pengembangan Media Video, Pengantar Teknologi Pendidikan, Pengelolaan Pusat Sumber Belajar, dan Sistem Belajar Jarak Jauh.

Berbagai peluang karier bagi para lulusannya adalah pengembang teknologi pembelajaran, pendidik dan pengembang multimedia, hingga pengembang kurikulum pembelajaran.

2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Jurusan ini akan mempelajari berbagai konsep pembelajaran mata pelajaran umum dan juga mata pelajaran terkait dengan agama Islam. Sejumlah mata kuliahnya yaitu strategi pembelajaran, kurikulum, evaluasi pembelajaran, manajemen pendidikan, dan sebagainya.

Pada 2022, jumlah sekolah madrasah ibtidaiyah (MI) di Indonesia mencapai 26.129 unit dan jumlah ini memperlihatkan peluang yang besar untuk menjadi guru di jenjang MI ini.

3.Pendidikan Vokasional Desain Fashion


Lulusan jurusan ini memiliki peluang karier yang luas dan menjanjikan. Seperti menjadi guru Tata Busana di SMK, konsultan fashion, hingga praktisi di bidang industri fashion mulai dari fashion entrepreneur, fashion designer, pattern maker, fashion illustrator, fashion stylist, dan jurnalis fashion.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)