4 Jurusan Kuliah Lulusannya Bisa Bekerja di BUMN PT Sucofindo

Senin, 13 Maret 2023 - 12:47 WIB
loading...
4 Jurusan Kuliah Lulusannya Bisa Bekerja di BUMN PT Sucofindo
PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo). Foto/Dok/PT Sucofindo
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya banyak dicari dan bisa bekerja di salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo).

Mengutip laman resminya, PT Superintending Company of Indonesia ( Sucofindo ) didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Dalam riwayatnya, mereka menjadi perusahaan inspeksi pertama Indonesia dengan kepemilikan saham Pemerintah Republik Indonesia dan SGS Geneva.



Pada Desember 2021, perusahaan ini bergabung dengan Holding BUMN Jasa Survei (IDSurvey) bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dan PT Surveyor Indonesia.

Pada bidang operasinya, perusahaan ini bergerak di bidang jasa inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan dan konsultansi dalam sektor pertanian, Kehutanan, Pertambangan (Migas dan Nonmigas), Konstruksi, Industri Pengolahan, Kelautan, Perikanan, Pemerintah, Transportasi, Sistem Informatika dan Energi Terbarukan.

Dari banyaknya sektor operasi yang dimiliki, sejumlah lulusan dari berbagai jurusan kuliah juga berpeluang untuk bekerja di perusahaan ini.



Berdasarkan penelusuran tim MPI, berikut jurusan kuliah yang lulusannya dapat bekerja di BUMN PT Sucofindo.

1. Teknik Elektro

Jurusan Teknik menjadi salah satu jurusan yang lulusannya berpeluang besar untuk bekerja di PT Sucofindo. Hal ini didasarkan pada sektor operasi perusahaan yang memang sebagian besar berkaitan dengan jurusan tersebut.

Sebagai contoh, pada lowongan kerja yang dibuka beberapa waktu lalu, Sucofindo membuka posisi Inspector UT & MT/PT dan Inspector OCTG. Pada prasyarat yang ditentukan, lowongan ini terbuka bagi jurusan teknik/mekanik/elektro.

2. Teknik Pertambangan

Salah satu sektor bisnis yang dimiliki PT Sucofindo adalah pertambangan batu bara. Dalam hal ini, mereka melayani menyediakan layanan yang melingkupi upaya mitigasi risiko, persyaratan perdagangan, pemenuhan persyaratan mutu, lingkungan dan K3, serta jasa lain terkait sektor batu bara.

Maka dari itu, tak jarang perusahaan ini membuka lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan bidang tersebut. Jurusan kuliah teknik pertambangan mungkin menjadi salah satu yang paling berpeluang.

3. Teknik Informatika

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, kebutuhan akan tenaga ahlinya juga bertambah.

Hal ini tentu membuka kesempatan bagi jurusan kuliah seperti Teknik Informatika untuk berkarier di berbagai perusahaan ternama, tak terkecuali BUMN sekalipun.

Sebagai contoh, lulusan Teknik Informatika ini bisa mengisi posisi seperti Web Developer di perusahaan.

4. Jurusan Kimia

Beroperasi di sektor jasa inspeksi, pengujian, sertifikasi, dan konsultasi pada bidang berbagai bidang tertentu, tak jarang PT Sucofindo juga membuka lowongan kerja pada posisi Analyst.

Sebagai contoh, beberapa waktu lalu mereka membuka posisi ini untuk penempatan SBU Laboratorium-Cibitung. Adapun untuk kualifikasinya sendiri adalah pendidikan minimal D3 jurusan Pendidikan Kimia atau Kimia Murni.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3305 seconds (0.1#10.140)