Deretan 7 Jurusan Kuliah dengan Kebutuhan Tenaga Kerja Tinggi

Jum'at, 17 Maret 2023 - 21:33 WIB
loading...
Deretan 7 Jurusan Kuliah dengan Kebutuhan Tenaga Kerja Tinggi
Terdapat sejumlah jurusan kuliah dengan kebutuhan tenaga kerja tinggi yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah dengan kebutuhan tenaga kerja tinggi yang bisa diketahui. Dengan memahaminya, Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pekerjaan usai lulus kuliah.

Banyaknya jurusan kuliah di Indonesia terkadang bisa membuat calon mahasiswa bingung dalam memilih. Namun sebagai bahan pertimbangan, jurusan dengan kebutuhan tenaga kerja tinggi bisa menjadi opsi.


Jurusan Kuliah dengan Kebutuhan Tenaga Kerja Tinggi

Berikut tujuh jurusan kuliah dengan kebutuhan kerja tinggi.

1. Akuntansi dan Keuangan

Akuntansi dan Keuangan menjadi jurusan yang banyak dicari oleh banyak perusahaan, terutama yang bergerak dalam bidang jasa keuangan.

Peluang karier bagi lulusan jurusan akuntansi dan keuangan pun terbuka lebar, diantaranya sebagai auditor internal, akuntan publik, analisis keuangan sampai menjadi manajer perpajakan.

2. Teknik Informatika

Selanjutnya ada Jurusan Teknik Informatika yang saat ini banyak dibutuhkan oleh semua perusahaan. Tak hanya perusahaan milik swasta saja, instansi pemerintah seperti BUMN pun membutuhkan jurusan yang satu ini.

Selain bekerja di perusahaan, beberapa lulusan dari jurusan yang satu ini juga bisa mendirikan startup atau bisa juga menjadi konsultan di bidang teknologi dan informasi.

3. Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis merupakan jurusan yang bekerja untuk membantu mengelola bisnis agar perusahaan berjalan dengan baik. Selain menjadi pengelola perusahaan, lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai manajer HRD, Marketing maupun business researcher.


4. Teknik Industri

Jurusan dengan kebutuhan tenaga kerja tinggi selanjutnya adalah jurusan teknik industri. Biasanya lulusan dari jurusan ini mempunyai keahlian dalam bidang proses perancangan, perencanaan, modifikasi, pengendalian, serta peningkatan kinerja sistem dalam sebuah perusahaan.

Lulusan dari jurusan ini banyak diserap di sektor logistik, manufaktur, teknologi informasi, keuangan, konsultasi, pelayanan masyarakat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. DKV atau Desain Komunikasi Visual

Memasuki era industri 4.0, jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan baik negeri maupun swasta.

Untuk jurusan ini para calon mahasiswa akan belajar mulai dari seni desain ilustrasi, desain web, hingga animasi. Untuk prospek kerjanya, lulusan Desain Komunikasi Visual dapat bekerja di posisi web designer, graphic designer, illustrator, art director, visual designer, creative director, hingga animator.

6. Bahasa Asing

Saat ini bahasa asing telah menjadi salah satu syarat untuk memasuki pekerjaan di beberapa perusahaan. Terlebih bagi perusahaan yang akan memberikan gaji yang fantastis.

Beberapa prospek pekerjaan yang biasanya menyerap banyak lulusan dari jurusan ini adalah sebagai jurnalis, interpreter, hingga staf diplomatik.

7 Jurusan Ilmu Komunikasi

Sarjana Ilmu Komunikasi saat ini banyak dicari oleh banyak perusahaan karena kemampuannya dalam menulis dan berbicara di depan umum.

Peluang karier yang bisa diambil oleh jurusan kuliah ini di antaranya adalah sebagai PR (public relations), Brand Ambassador, Marketing, Penulis, Juru Bicara, Jurnalis, Penyiar, Presenter, dan masih banyak lagi yang lainnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)