Binus University Kukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Linguistik Terapan

Rabu, 22 Maret 2023 - 01:25 WIB
loading...
Binus University Kukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Linguistik Terapan
Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Linguistik Terapan Binus University Prof. Dr. Dra. Clara Herlina Karjo. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Binus University mengukuhkan Dosen Faculty of Humanities Binus University, Prof. Dr. Dra. Clara Herlina Karjo sebagai Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Linguistik Terapan. Ia adalah Guru Besar tetap yang ke-19 yang dikukuhkan Binus University.

Rektor Binus University Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo menyampaikan, Prof Clara merupakan akademisi yang memiliki banyak karya dan pencapaian namun tetap bersahaja.

Di Binus University, tutur Prof Harjanto, Ilmu Linguistik akan semakin menarik karena sudah memiliki profesor yang ahli dalam bidang tersebut.

"Semoga akan semakin berkembang dan mendukung roadmap Binus ke depannya untuk riset-riset dalam bidang tersebut," katanya, melalui siaran pers, Rabu (22/3/2023).

Prof Clara memiliki memiliki kepakaran dalam topik riset translation, e-learning, digital discourse, sociolinguistics, dan applied linguistics.

Baca juga: 6 Jurusan Favorit Telkom University, Mana Pilihanmu?

20 tahun berkarier sebagai dosen ditempuhnya hingga diangkat menjadi guru besar. Selain mengemban jabatan akademis sebagai guru besar, Prof. Clara tercatat sebagai Subject Content Specialist di Binus University.

Diangkat Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Linguistik Terapan, iamengemukakan pentingnya teknologi dalam Linguistik Terapan.

Dalam pidato orasi ilmiah yang berjudul “Affordances of Technology in the Study and Practice of Applied Linguistics”, Prof. Clara menggagas bahwa Linguistik Terapan adalah bidang studi yang dapat menjembatani kesenjangan antara teori linguistik dan masalah terkait bahasa di dunia nyata.

Dia membagi penerapan Linguistik Terapan dalam 3 cakupan, yaitu penggunaan teknologi dalam pengajaran bahasa, penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa, dan penggunaan teknologi penelitian terkait bahasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)