4 Perguruan Tinggi Populer yang Dimiliki Perusahaan BUMN, Ada Kampusmu?

Sabtu, 25 Maret 2023 - 19:42 WIB
loading...
4 Perguruan Tinggi Populer yang Dimiliki Perusahaan BUMN, Ada Kampusmu?
4 perguruan tinggi populer yang dimiliki perusahaan BUMN. Salah satunya adalah Telkom University. Foto/Tel-U.
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya empat perguruan tinggi populer di Indonesia yang dimiliki atau dikelola oleh perusahaan BUMN . Dari di bawah naungan Telkom hingga PLN, 4 perguruan tinggi bisa menjadi tujuan studi calon mahasiswa baru.

Pada perkembangannya, muncul banyak perguruan tinggi di Tanah Air. Tak hanya universitas negeri dan swasta saja, terdapat juga beberapa di antaranya yang berstatus milik perusahaan BUMN, baik kepemilikan secara langsung hingga dikelola yayasan perusahaan.

Dari sekian banyak, beberapa di antaranya menjadi perguruan tinggi populer di Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Perguruan Tinggi Populer yang Dimiliki Perusahaan BUMN


Berikut sejumlah perguruan tinggi populer di Tanah Air yang dimiliki atau dikelola perusahaan BUMN:

1. Telkom University


Telkom memiliki perguruan tinggi bernama Telkom University atau biasa dikenal Tel-U. Pada perkembangannya, mereka menjadi salah satu kampus swasta populer di Indonesia.

Mengutip laman resminya, Telkom University awalnya dikenal dengan STT Telkom. Beberapa fakultas yang tersedia di antaranya adalah Teknik Elektro, Rekayasa Industri, Informatika, Ekonomi dan Bisnis, Komunikasi dan Bisnis, Industri Kreatif, dan Ilmu Terapan.

Selain Telkom University, Telkom sendiri juga mengelola kampus lain. Sebut saja seperti Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), IT Telkom Jakarta, dan lain sebagainya.

2. Universitas Pertamina


Universitas Pertamina adalah kampus swasta non-kedinasan yang berada di bawah naungan Pertamina. Mengutip laman resminya, Universitas Pertamina didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016.

Tak hanya menyediakan program studi teknik di rumpun sains dan teknologi, mereka juga memiliki jurusan di rumpun sosial dan humaniora. Saat ini, Universitas Pertamina memiliki 6 Fakultas.

Fakultas tersebut di antaranya adalah Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, hingga Fakultas Komunikasi dan Diplomasi.

3. Institut Teknologi PLN


Institut Teknologi PLN telah hadir sejak tahun 1998 dengan nama Sekolah Tinggi PLN (STT PLN). Mengutip laman resminya, perguruan tinggi ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN.

Fakultas yang tersedia di Institut Teknologi PLN di antaranya adalah Telematika Energi, Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, Teknologi dan Bisnis Energi, serta Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan.

4. Universitas Internasional Semen Indonesia


Berikutnya ada Universitas Internasional Semen Indonesia. Pada pendiriannya, institusi pendidikan ini diharapkan bisa memberi inovasi serta mendukung perkembangan bangsa dan negara, khususnya bagi PT Semen Indonesia.

Sejumlah program studi yang tersedia di antaranya adalah Akuntansi, Manajemen, Teknik Agroindustri, Teknik Logistik, Informatika, Sistem Informasi, dan lainnya.

Selain keempat perusahaan BUMN di atas, sejatinya masih ada lagi beberapa lainnya. Sebut saja seperti Politeknik Pos Indonesia yang saat ini bernama Universitas Logistik dan Bisnis Internasional, hingga BRI Institute yang kini bernama Cyber University.

Itulah deretan perguruan tinggi populer di Indonesia yang dimiliki atau dikelola oleh perusahaan BUMN. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)