Bagaimana Strategi Memilih Jurusan Kuliah UTBK SNBT 2023 Agar Tembus? Berikut Penjelasannya

Senin, 27 Maret 2023 - 15:28 WIB
loading...
Bagaimana Strategi Memilih Jurusan Kuliah UTBK SNBT 2023 Agar Tembus? Berikut Penjelasannya
SNBT adalah seleksi masuk perguruan tinggi yang digelar berlandaskan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Foto/Dok/MPI
A A A
JAKARTA - Seleksi Nasional Berbasis Tes ( SNBT ) adalah seleksi masuk perguruan tinggi yang digelar berlandaskan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pendaftarannya dibuka pada Kamis, 23 Maret 2023 dan ditutup pada 14 April 2023.

Melansir laman resmi SNPM Kemdikbud , UTBK SNBT tahun 2023 bisa diikuti oleh siswa SMA/MA/MK/Sederajat lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023. Selain itu, mereka yang merupakan lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 juga bisa mengikuti seleksi tersebut dengan usia maksimal 25 tahun per tanggal 1 Juli 2023.



Lantas, bagaimana strategi memilih jurusan kuliah UTBK SNBT 2023 agar tembus? Berikut informasi lengkapnya.

1. Pahami Minat dan Bakat

Memahami minat dan bakat adalah hal yang patut dilakukan sebelum memilih jurusan kuliah. Dengan langkah ini, maka seseorang bisa lebih mengenali dirinya sendiri, sehingga mampu dengan mudah memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Salah satu cara memahami minat dan bakat yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti tes. Saat ini, sudah banyak lembaga yang menyelenggarakan tes tersebut, baik secara langsung maupun daring (dalam jaringan/online).

Tes minat akan dibagi ke dalam 3 bagian pertanyaan, yakni profesi yang disukai, aktivitas kesukaan, dan aktivitas dengan kemampuan. Sementara itu, tes bakat dikelompokkan ke dalam 5 bagian: penalaran induktif, deduktif, aritmatika, reasoning, dan spasial.

2. Jangan Ikut-ikutan Teman

Dengan bekal hasil tes minat dan bakat, maka Anda sudah punya gambaran tentang jurusan apa yang cocok. Meskipun begitu, rupanya masih banyak yang kurang percaya dengan hasil tes dan lebih memilih untuk mengikuti jurusan kuliah yang diambil temannya. Cara ini sudah pasti tidak dianjurkan. Sebab, belum tentu apa yang diminati teman Anda, juga menjadi minat Anda.

Anjuran ini juga dikemukakan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Vokasi atau Diksi Kemendikbudristek Kiki Yulianti. Kiki menyatakan agar jangan sampai calon mahasiswa baru mengikuti temannya dalam memilih jurusan. Evaluasi diri harus dilakukan agar tepat memilih jurusan kuliah.

3. Konsultasikan dengan Orang yang Berpengalaman

Jika masih ragu dengan kemampuan diri sendiri atau hasil tes minat dan bakat, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan orang yang berpengalaman, baik itu orang tua, kerabat, guru, maupun ahli dari sebuah lembaga.

Jika masih di lingkungan sekolah, konsultasi bisa dilakukan bersama guru BK (Bimbingan dan Konseling). Guru BK akan membantu siswa untuk memutuskan pilihannya, dengan segala pertimbangan yang ada.

Jangan pernah ragu atau malu untuk mendatangi orang-orang berpengalaman di sekitar Anda. Hal itu akan sangat membantu dalam memilih jurusan kuliah dan sukses mendapatkannya.

4. Riset Mengenai Kuota Jurusan yang Akan Dipilih

Jika telah menentukan pilihan dan merasa sudah matang, langkah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah meriset segala hal tentang jurusan tersebut. Contoh sederhananya adalah dengan melihat kuota atau daya tampung jurusan yang akan dipilih.

Data tersebut dapat dilihat secara lengkap dalam laman https://sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ptn_sn.php?.

Setelahnya, pastikan Anda juga mengetahui prospek kerja dari jurusan yang akan dipilih. Dengan demikian, gambaran karier usai menyelesaikan pendidikan dapat pula dipahami sejak awal. Jika usaha maksimal sudah dilakukan, maka upaya terakhir yang bisa dilakukan adalah berdoa dan memohon hasil yang terbaik kepada Tuhan Yang Maha Esa.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2250 seconds (0.1#10.140)