SNPMB Sebut Presentase Siswa Lulus SNBP 2023 Lintas Jurusan Relatif Kecil

Senin, 27 Maret 2023 - 20:53 WIB
loading...
SNPMB Sebut Presentase Siswa Lulus SNBP 2023 Lintas Jurusan Relatif Kecil
Tim SNPMB mengumumkan PTN dengan jumlah pendaftar terbanyak dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Foto/MPI/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Ketua Pelaksana Eksekutif Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru ( SNPMB ) Budi Prasetyo menyebut, presentase Calon Mahasiswa Baru lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 dengan lintas jurusan relatif kecil.

Budi Prasetyo mengatakan, program studi (prodi) lintas jurusan yang dipilih di SNPB kali ini memperlihatkan presentase yang kecil pada penerimaan mahasiswa baru.



"Adik-adik dari bahasa, IPS yang diterima di prodi IPA perguruan tinggi jumlahnya relatif kecil. Perinciannya harus lihat lebih jauh datanya," ujar Budi di gedung Kemendikbudristek, Senin (27/3/2023).

Budi menerangkan, hasil tersebut merupakan wujud sosialisasi intensif kepada para calon peserta. Di sisi lain, beberapa perguruan tinggi negeri juga menerapkan faktor koreksi lintas.

Lebih lanjut Budi menuturkan, meski peserta bebas memilih prodi, tapi tetap harus bertanggung jawab. Jangan sampai peserta bisa masuk dalam prodi yang lintas jurusan, tapi sulit lulus perkuliahan.



"Adik-adik harus merdeka, tapi tolong bertanggung jawab. Jangan sampai bisa masuk, tapi tidak bisa keluar karena mata pelajaran di SMA tidak mendukung di prodi perkuliahan," jelasnya.

Diketahui, Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) bakal segera mengumumkan hasil seleksi jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023.

Ketua Umum SNPMB M Ashari mengatakan, pengumuman bagi calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut bakal diumumkan pada Selasa (28/3/2023) pukul 15.00 WIB.

"Nah, besok 28 Maret yang akan kita umumkan 15.00 WIB, berarti kawan kita yang di timur pukul 17.00 WIB," ujar Ashari saat menggelar jumpa pers di Kemendikbudristek, Senin (27/3/2023).
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9387 seconds (0.1#10.140)