Jurusan Kuliah yang Banyak Diincar Kemenparekraf, Jaminan Karier Masa Depan

Rabu, 29 Maret 2023 - 08:31 WIB
loading...
Jurusan Kuliah yang Banyak Diincar Kemenparekraf, Jaminan Karier Masa Depan
Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bekerja di kementerian merupakan impian bagi sebagian besar mahasiswa setelah lulus kuliah. Pasalnya bekerja di kementerian memang lebih menjamin keberlangsungan hidup, mulai dari gaji hingga lingkungan pekerjaannya.

Selain itu, yang terpenting, memperoleh jaminan yang lebih baik di hari tua nantinya. Mungkin sebagian siswa yang akan melanjutkan pendidikan tinggi sudah memikirkan prospek kerja di kementerian.



Lantas, jurusan kuliah apa saja yang dibutuhkan oleh kementerian khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif? Berikut jurusan kuliah yang banyak diincar Kemenparekraf.

1. Desain Komunikasi Visual

Lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki peluang kerja yang cukup luas di industri kreatif, mulai dari agensi periklanan, pengembangan web, start-up, bahkan bisa bekerja sendiri sebagai freelancer.

Mahasiswa jurusan DKV harus bisa menciptakan karya seperti poster, logo, ilustrasi, animasi, desain web dan sebagainya, maka jurusan ini juga sangat dibutuhkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan akan ditempatkan sebagai perancang grafis.

2. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi memang memiliki peluang kerja yang sangat luas. Pasalnya, jurusan ini juga memiliki kaitan erat dengan industri kreatif dan mempelajari aspek komunikasi seperti public speaking, menulis berita, teknik wawancara, fotografi, videografi, iklan, film, dan masih banyak lagi.

Tak heran, lulusan Ilmu Komunikasi juga sangat diincar oleh berbagai kementerian termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

3. Manajemen Pariwisata

Tentunya lulusan Pariwisata sangat dibutuhkan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, khususnya jurusan Manajemen Pariwisata. Aspek-aspek yang dipelajari dalam jurusan ini adalah pembangunan dan pengembangan pariwisata, peningkatan kualitas sumber daya pariwisata, pengembangan atraksi wisata dan lainnya.

Maka dapat dikatakan alumni dari jurusan Manajemen Pariwisata diincar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan akan ditempatkan sebagai Analisis Pariwisata.

4. Akuntansi

Sama halnya dengan jurusan Ilmu Komunikasi, Akuntansi juga merupakan jurusan yang memiliki peluang kerja yang sangat luas. Tiap sektor kementerian pasti membutuhkan lulusan jurusan Akuntansi untuk mengelola keuangannya.

Para lulusan Akuntansi memiliki kemampuan dalam mengelola, mencatat, melaporkan, dan menghitung keuangan. Di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, lulusan Akuntansi dapat bekerja di banyak posisi, seperti Analisis Ekonomi Kreatif, Analisis Anggaran Ahli Pertama, Analisis Kebijakan Ahli Pertama, dan lainnya.

5. Animasi

Jurusan Animasi sangat dibutuhkan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jurusan ini menuntut kreativitas dan ide-ide baru. Prospek kerjanya pun banyak, seperti menjadi motion designer, illustrator, produser film, animator, sutradara, dan sejenisnya.

Selain bisa bekerja di Kemenparekraf, alumni jurusan animasi bisa mencoba bekerja di Pixar Animation Studio, Sony Interactive Entertainment, atau perusahaan animasi lainnya yang berada di luar negeri.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)