Unpad Buka Pendaftaran SMUP Sarjana Reguler dan Terapan, Baca Infonya di Sini

Sabtu, 01 April 2023 - 08:00 WIB
loading...
Unpad Buka Pendaftaran SMUP Sarjana Reguler dan Terapan, Baca Infonya di Sini
Unpad membuka pendaftaran SMUP Sarjana Reguler dan Sarjana Terapan 2023. Foto/Dok/Unpad.
A A A
JAKARTA - Unpad resmi membuka Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran ( SMUP ) untuk program Sarjana (S1) Reguler dan S1 Terapan. Calon mahasiswa diberi kesempatan mendaftar mulai 29 Maret hingga 25 Juli 2023.

Kepala Kantor SMUP Ir. Anas mengatakan, jalur nilai ujian atau jalur mandiri, jalur prestasi, dan jalur kelas internasional menjadi ragam jalur yang dibuka di program S1 Reguler. Sementara untuk program S1 Terapan seleksinya menggunakan nilai ujian.

Anas menjelaskan, SMUP merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru mandiri yang sepenuhnya dilaksanakan oleh Unpad. Untuk jalur nilai ujian, peserta dapat memilih menggunakan skema nilai UTBK SNBT 2023 atau menggunakan nilai ujian SMUP.

“Jadi, peserta bisa memilih untuk memasukkan nilai UTBK atau ikut lagi ujian SMUP yang ada di Unpad guna mendaftar ke S-1 atau D-4,” katanya, dikutip dari laman Unpad, Sabtu (1/4/2023).

Baca juga: MNC University dan MNC Bank Berkolaborasi Gelar Seminar Career Talk

Untuk peserta yang mendaftar ke Sarjana Reguler menggunakan nilai ujian SMUP, nilai ujian tersebut bisa digunakan kembali untuk mendaftar ke jalur Sarjana Terapan. Sehingga pendaftar program Sarjana Terapan nantinya tidak perlu mengikuti ujian SMUP lagi.

Materi ujian yang digelar secara daring yang diujikan pada SMUP berupa tes kemampuan belajar yang sepadan dengan ujian SNBT. Prestasi tersebut merupakan prestasi yang diraih pelajar di bidang sains, olahraga, seni, dan keagamaan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Untuk jalur prestasi, Anas mengingatkan bahwa pendaftar tetap wajib memiliki nilai UTBK atau SMUP sebagai komponen penilaian akademik. “Meskipun persentase bobot penilaiannya berbeda, nilai ujian tetap diperlukan,” tambahnya.

Sementara untuk jalur internasional terbuka bagi pendaftar yang ingin mengikuti perkuliahan di kelas internasional. Pada program ini, perkuliahan menggunakan bahasa Inggris dengan metode dan kurikulum pembelajaran disesuaikan dengan standar internasional.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan BMKG, Nomor Terakhir dari Lulusan Teknik

Tahun ini, program internasional Unpad membuka lima program studi, yaitu: Kedokteran Gigi, Farmasi, Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi. Penilaian program ini mempertimbangkan kemampuan akademik dan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga yang diakui Unpad.

Anas mengatakan, bagi pelajar yang sudah mantap untuk mendaftar SMUP, dimohon untuk melakukan pendaftaran sedini mungkin. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya penumpukan pendaftaran di akhir.
“Terutama bagi pendaftar angkatan 2021 dan 2022, itu kalau mau ikut SMUP dari awal-awal saja mendaftarnya,” kata Anas.

Anas juga menyilakan pendaftar untuk mendaftar lebih dari satu jalur atau program pendidikan. “Misalnya, saya punya prestasidi bidang non akademik, tapi saya ingin coba di jalur ujian. Atau peserta mau daftar ke S-1 atau D-4 sekaligus itu bisa. Silakan, bebas,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)