Intip Perbandingan Biaya Kuliah PTN Populer di Jatim, dari ITS hingga UB

Selasa, 04 April 2023 - 13:04 WIB
loading...
Intip Perbandingan Biaya Kuliah PTN Populer di Jatim, dari ITS hingga UB
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi salah satu perguruan tinggi populer di Indonesia. Foto/Dok/ITS
A A A
JAKARTA - Biaya kuliah perguruan tinggi negeri ( PTN ) di Jawa Timur (Jatim) ternyata tidak semuanya sama. Dalam hal ini, masing-masing universitas memiliki perbedaan dalam hal nominal biaya pendidikan.

Melihat perkembangannya, perbedaan biaya kuliah di universitas adalah hal yang cukup lumrah. Sebagai contoh, jika mereka menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai biaya pendidikan bagi mahasiswanya, masing-masing golongan atau kategorinya juga bisa berbeda-beda.



Perbandingan Biaya Kuliah PTN di Jatim


Berdasarkan hasil penelusuran tim Litbang MPI, berikut perbandingan biaya kuliah PTN di Jatim yang perlu diketahui.

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi salah satu perguruan tinggi populer di Indonesia. Berlokasi di Jawa Timur, setiap tahunnya cukup banyak peminat yang mendaftar.

Dilansir dari laman resmi ITS, biaya kuliah untuk mahasiswa baru yang diterima jalur SNBP dan SNBT menggunakan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dalam hal ini, terdapat tujuh kategori yang disesuaikan kemampuan ekonomi masing-masing orang tua.

Lebih lanjut, UKT ini diberlakukan untuk semua mahasiswa baru di berbagai program studi, kecuali Joint Degree. Berikut rinciannya:

- Kategori 1: Rp 500.000
- Kategori 2: Rp 1 juta
- Kategori 3: Rp 2,5 juta
- Kategori 4: Rp 4 juta
- Kategori 5: Rp 5 juta
- Kategori 6: Rp 6 juta
- Kategori 7: Rp 7,5 juta

2. Universitas Airlangga (Unair)


Berikutnya ada Universitas Airlangga (UNAIR). Perguruan tinggi di Surabaya ini juga telah merilis daftar UKT bagi pendaftar SNBP yang telah dinyatakan diterima.

Mengutip laman resmi Unair, biaya kuliah ini berbeda antara prodi Soshum dan Saintek. Mereka menggolongkannya dalam kategori UKT IA, IB, IC, II, III, hingga IV.

a. Saintek
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)