Asah Skill dan Kepemimpinan, 3 Siswa SMA di Manokwari Ikut Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

Jum'at, 07 April 2023 - 05:13 WIB
loading...
Asah Skill dan Kepemimpinan, 3 Siswa SMA di Manokwari Ikut Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat
Tiga pelajar SMA Negeri 1 Manokwari, Papua Barat, mengikuti pertukaran pelajar ke AS, Kamis (6/3/2023). Pertukaran pelajar itu merupakan program SEAYLP. Foto/Dok/Antara
A A A
JAKARTA - Tiga pelajar SMA Negeri 1 Manokwari, Papua Barat, mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika Serikat (AS), Kamis (6/3/2023). Pertukaran pelajar itu merupakan program Southeast Asia Youth Leadership Program (SEAYLP).

Mereka adalah Giorgio Mentasan, Sarah Simanjuntak, dan Antonius Rahawarin. Ketiganya masih duduk di kelas 11. Nantinya, mereka akan bergabung dengan 2 pelajar berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mewakili Indonesia dalam program tersebut.



Sarah Simanjuntak mengatakan timnya akan memfokuskan diri kepada bidang teknologi dan kepemimpinan . Mereka akan berbagi pengalaman dalam program tersebut. Sarah dan 4 orang lainnya akan pergi ke AS hingga 28 April 2023.

“Kami mewakili Indonesia dan Papua Barat akan berangkat ke Amerika Serikat untuk melaksanakan kegiatan pertukaran pelajar. Selama tiga minggu dan memfokuskan diri pada bidang teknologi dan kepemimpinan,” kata Sarah sebagaimana dikutip dari Antara, Jumat (7/4/2023).

Kepala Bidang SMA/SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari Parjiyanti mengatakan keikutsertaan mereka dalam program itu merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka Belajar untuk pengembangan potensi diri.



“Ini merupakan salah satu implementasi dari Kurikulum Merdeka Belajar di mana anak-anak meningkatkan kemampuan dan potensi melalui pembelajaran kognitif. Hal ini menjadi acuan untuk pelajar lain dan menjadi dorongan kepada tenaga pengajar untuk meningkatkan kualitas mengajar,” kata Parjiyanti.

Dia berharap, prestasi yang diraih tiga pelajar tersebut dapat ditingkatkan dan dibagikan kepada generasi muda lainnya, khususnya di Manokwari.

"Mudahan kesempatan ini digunakan sebaik-baiknya, asah skill (keterampilan) dan attitude (sikap) yang baik sehingga nantinya dapat dibagikan kepada generasi muda lain untuk cepat bertransformasi," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2550 seconds (0.1#10.140)