Begini Cerita Alumnus Vokasi UMM Berpuasa di Jepang, Rindu Suara Azan

Selasa, 11 April 2023 - 23:36 WIB
loading...
Begini Cerita Alumnus Vokasi UMM Berpuasa di Jepang, Rindu Suara Azan
Ardianeswari Putri Salifani, alumnus Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Foto/Dok/UMM
A A A
JAKARTA - Sudah lebih dari satu bulan, Ardianeswari Putri Salifani, alumnus Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang ( UMM ) berangkat dan berkarya di Negeri Sakura.

Ia yang sukses menyelesaikan pelatihan specified skilled worker kaiko di training center Vokasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kini telah mendapat kontrak kerja selama 3 tahun di Hokkaido, Jepang.



Saat ini dia sedang menjalani puasa di sana dan ingin berbagi cerita menarik. Dina, sapaan akrabnya, menuturkan, ada banyak hal unik yang ia dapati selama Ramadan.

Meski Jepang bukan negara mayoritas bergama Islam, namun stasiun televisi di sana sering menayangkan berita-berita seputar Bulan Ramadan.

Misalnya saja terkait mengapa muslim berpuasa, apa yang harus dilakukan selama puasa, hingga larangan yang harus ditaati selama terbiat fajar hingga tenggelamnya matahari.



Ada satu hal yang ia rindukan dari Indonesia saat Ramadan, yakni suara azan yang menggema di setiap sudut kota. Di sana, azan kurang begitu terdengar, bahkan mungkin tidak ada. Hal itu menyulitkannya untuk mengetahui kapan waktu sahur dan berbuka.

“Beruntung kita sudah hidup di era teknologi yang maju. Saya biasanya cek aplikasi jadwal imsakiyah waktu setempat atau juga browsing di internet terkait waktu-waktu salat,” katanya melanjutkan.

Waktu menunggu berbuka adalah momen favoritnya. Setiap sore, Dina sering berburu bahan makanan ke toko dan supermarket terdekat. Sesekali juga menambah stok jajan untuk dikonsumsi malam hari. Apalagi ia memang menyukai makanan Jepang seperti mochi, dango, dan juga onigiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5188 seconds (0.1#10.140)