Magister Teknik Industri UMB dan Universitas India Kolaborasi Penerapan Budaya Efisiensi Energi

Rabu, 12 April 2023 - 00:53 WIB
loading...
Magister Teknik Industri UMB dan Universitas India Kolaborasi Penerapan Budaya Efisiensi Energi
MTI UMB dan Vellore Institute of Technology, India menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di PT Sukses Mitra Prima, Bekasi, Indonesia. Foto/Dok/MTI UMB
A A A
JAKARTA - Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana ( UMB ) dan Vellore Institute of Technology, India, menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di PT Sukses Mitra Prima, Bekasi, Indonesia.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh sejumlah Dosen Magister Teknik Industri, di antaranya Dr. Sawarni Hasibuan, Dr Humiras Hardi Purba, Dr Jacky chin serta Prof Jayakrishna Kandasamy dari India.



Selain itu, kegiatan ini dihadiri juga oleh Dr Erna Setiany M.Si, selaku Ketua LPPM Universitas Mercu Buana dan Warsito selaku pimpinan PT. Sukses Mitra Prima, Bekasi, Indonesia.

Jacky Chin ST., MT., PhD mengatakan, penerapan budaya dalam energi efisiensi di Indonesia menjadi pokok pembahasan dalam kegiatan yang digelar Dosen Magister Teknik Industri UMB dan kampus dari India tersebut.

"Adanya keterlibatan Dosen MTI UMB memiliki dampak positif bagi UMKM terhadap energi yang diberikan kepada sektor ekonomi," kata Jacky Chin dalam keterangan pers, Selasa (11/4/2023).



Menurutnya, berdasarkan data Dewan Energi Nasional 2022, Sektor industri merupakan konsumen terbesar kedua setelah trasnportasi, dan memiliki andil dalam konsumsi energi final sekitar 33,5%.

Namun, lanjutnya, penggunaan energi di sektor industri menurun 5,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan aktivitas industri belum pulih sepenuhnya pascacovid-19.

Jacky Chin menilai, kontribusi UMKM bagi ekonomi bangsa Indonesia sangat besar, hal ini dapat dilihat dari kontribusi terhadap PDB mencapai 60,5%, sehingga sangat berperan terhadap Pembangunan berkelanjutan industri nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4628 seconds (0.1#10.140)