3 Mahasiswa UI Borong Juara Lomba Seni Religi Tingkat Nasional

Rabu, 12 April 2023 - 17:33 WIB
loading...
3 Mahasiswa UI Borong Juara Lomba Seni Religi Tingkat Nasional
Tiga mahasiswa UI menyabet juara pada Lomba Seni Religi Antar Mahasiswa Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh UI, Kemendikbudristek, dan Kemenag. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menyabet predikat juara pada Lomba Seni Religi Antar Mahasiswa Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh UI, Kemendikbudristek, dan Kemenag.

Lomba Seni Religi ini merupakan bagian dari kegiatan “Syiar Ramadan Kampus UI” yang berlangsung pada 3–9 April 2023, di Makara Art Center (MAC), Kampus UI, Depok.



Jenis kesenian yang dilombakan meliputi Lomba Cipta Puisi Religi, Video Pendek tentang Tradisi Puasa di Nusantara, dan Kaligrafi Arab. Dari tiga lomba tersebut, tiga mahasiswa UI memborong juara.

Mereka antara lain, Sarah Monica meraih Juara 1 untuk lomba Cipta Puisi Religi, Haniyyah Tofsha Syahidah mendapat Juara 1 untuk lomba Video Pendek, dan Suci Rahmadhani memeroleh Juara Harapan 2 untuk lomba Kaligrafi Arab.

Puisi berjudul “Berserah” yang ditulis Sarah menjadi Juara 1 karena memiliki teknik penulisan (kreativitas dan orisinalitas) yang apik, pemilihan diksi atau kekayaan kata, dan memiliki kesesuaian dengan tema.



Video pendek yang dibuat oleh Haniyyah juga menjadi Juara 1 karena memiliki alur cerita yang baik; tema cerita yang sederhana, tetapi orisinal khas dunia mahasiswa; serta digarap dengan sinematografi yang menarik.

Video tersebut bercerita tentang perjuangan anak rantau yang berkuliah di luar kota. Sang tokoh digambarkan harus menahan rasa rindunya dan berjuang agar bisa pulang saat libur kuliah untuk bertemu dengan keluarganya. Video berjudul “Pulang” ini mendapat apresiasi dari seluruh juri.

Sementara itu, kaligrafi karya Suci memperoleh Juara Harapan 2 didasarkan pada penilaian yang meliputi aspek kebenaran kaidah khat, keindahan huruf, kreativitas, kerapihan, dan kebersihan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)