5 Universitas Populer dengan Jurusan Kuliah Sastra Indonesia Terbaik di Tanah Air, Ada Kampusmu?

Kamis, 13 April 2023 - 21:37 WIB
loading...
5 Universitas Populer dengan Jurusan Kuliah Sastra Indonesia Terbaik di Tanah Air, Ada Kampusmu?
Terdapat sedikitnya lima universitas populer dengan jurusan kuliah Sastra Indonesia terbaik di tanah air. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima universitas p opuler dengan jurusan kuliah Sastra Indonesia terbaik di tanah air. Secara keseluruhan, mereka memiliki akreditasi antara ‘Unggul’ dan ‘A’.

Sastra Indonesia mungkin tidak sepopuler jurusan seperti Manajemen, Kedokteran, Ilmu Hukum, dan sebagainya. Akan tetapi, jika melihat dari kategori berdasarkan fakultasnya, Sasindo tentu memiliki cukup banyak peminat.



Berikut lima universitas populer dengan jurusan kuliah Sastra Indonesia terbaik di tanah air.

Universitas Populer dengan Jurusan Sastra Indonesia Terbaik

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi negeri yang cukup populer di Indonesia. Setiap tahunnya, mereka memiliki jumlah pendaftar cukup tinggi dengan banyak jurusan yang dapat dipilih.

Sebagai contoh, bisa diambil dari Fakultas Ilmu Budaya. Dari sekian banyak program sarjana yang tersedia, salah satunya adalah Bahasa dan Sastra Indonesia.

Melihat akreditasi yang dimiliki, jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UGM saat ini memiliki status A BAN-PT. Sertifikat terkait akreditasinya ini berlaku sejak 15 Maret 2020 hingga 15 Maret 2025 mendatang.

2. Universitas Diponegoro (Undip)

Berikutnya ada Universitas Diponegoro. Mengutip laman resminya, jurusan Sastra Indonesia di Undip didirikan pada awal pembentukan Fakultas Sastra dan Budaya. Saat ini, mereka menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Budaya Undip.

Beralih ke akreditasi yang dimiliki, Universitas Diponegoro memiliki cukup banyak jurusan yang telah mendapat status ‘Unggul’. Dalam hal ini, salah satu di antaranya adalah Sastra Indonesia.

Berdasarkan akreditasi BAN-PT, jurusan Sastra Indonesia di Undip menyemat predikat ‘Unggul’ yang berlaku sejak 18 Januari 2023 hingga 25 November 2026 mendatang.


3. Universitas Indonesia (UI)

Tak bisa dipungkiri, Universitas Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Tanah Air. Berdasarkan pemeringkatan EduRank tahun 2023 ini, UI berada di peringkat teratas dalam jajaran universitas lain di Indonesia.

Terdiri atas banyak fakultas dan program studi yang dapat dipilih, UI juga menyediakan jurusan Sastra Indonesia. Mengutip informasi dari laman resminya, jurusan tersebut meraih status ‘Unggul’ pada akreditasi terakhirnya tahun 2022 lalu.

4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Tak kalah dengan UGM, Universitas Negeri Yogyakarta juga cukup populer di kalangan calon mahasiswa yang akan masuk perguruan tinggi negeri. Dari sekian banyak jurusan yang dimiliki, UNY juga menyediakan Sastra Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)