Ini Perbandingan Fasilitas Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Jum'at, 14 April 2023 - 14:59 WIB
loading...
Ini Perbandingan Fasilitas Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta
Universitas Indonesia. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Memilih perguruan tingginegeri maupun swasta untuk berkuliah bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena banyak aspek penting yang harus dipertimbangkan yang nantinya akan mempengaruhi jalannya studi.

Contohnya adalah pilihan antara kampus swasta dan negeri. Antara kampus negeri dan swasta terdapat perbedaan dalam berbagai aspek. Termasuk juga aspek fasilitas yang akan dirasakan oleh mahasiswanya.



Untuk membantu membuat keputusan pilihan kuliah yang tepat, berikut ini beberapa perbandingan fasilitas kampus negeri dan kampus swasta yang bisa calon mahasiswa pertimbangkan.


1. Luas Kampus

Perbandingan yang cukup signifikan antara luas kampus swasta dan luas kampus negeri cukup dapat terlihat. Biasanya, kampus negeri akan memiliki area yang lebih luas dibandingkan kampus swasta. Hal ini mengingat kampus negeri sudah didukung oleh pemerintah.

Tak hanya itu, ada beberapa kampus negeri yang memiliki kampus cabang di lokasi berbeda, sementara kampus swasta biasanya lebih terpusat di satu lokasi.


2. Bangunan

Bangunan yang biasanya dimiliki kampus negeri biasanya sudah berumur tua karena dibangun puluhan tahun yang lalu. Namun banyak bangunan di kampus negeri yang saat ini sudah direnovasi.

Sedangkan di kampus swasta, masih banyak ditemui bangunan-bangunan baru yang menunjang pembelajaran mahasiswanya.


3. Fasilitas Teknologi Informasi

Jika dibandingkan dengan kampus negeri, kampus swasta dapat dikatakan memiliki fasilitas teknologi informasi yang lebih unggul. Teknologi informasi yang ada di kampus swasta biasanya lebih canggih dan modern.

Fasilitas teknologi informasi di kampus negeri pun dapat dikatakan lengkap dan mumpuni, namun alat-alat yang digunakan umumnya sudah masuk ke kategori alat tua dan belum dilakukan pembaruan.

Hal ini menjadi wajar karena kampus negeri adalah milik pemerintah, sehingga tergantung kepada anggaran yang dimiliki oleh negara.

Secara garis besar, kampus negeri dan kampus swasta memiliki fasilitas yang hampir sama. Kedua kampus dengan status yang berbeda ini menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran serta pengembangan mahasiswanya.

Satu hal yang mendasari perbedaan fasilitas antara kampus negeri dan kampus swasta biasanya karena anggaran yang dimiliki.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)