FK dan FKG Unair Jadi yang Terbaik di Indonesia Versi THE WUR by Subject 2023

Senin, 17 April 2023 - 12:41 WIB
loading...
FK dan FKG Unair Jadi yang Terbaik di Indonesia Versi THE WUR by Subject 2023
FK dan FKG Unair menduduki posisi terbaik pertama di Indonesia berdasarkan THE WUR by Subject 2023. Foto/:Laman Unair.
A A A
JAKARTA - Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unair merupakan fakultas tertua di kampus tersebut. Namun prestasi diraih keduanya pada THE WUR by Subject 2023.

Berdasarkan Times Higher Education (THE) World University Rankings by Subjects of Clinical and Health in The Field of Medicine and Dentistry 2023, FK dan FKG menduduki peringkat pertama secara nasional, peringkat 10 di Asia Tenggara, dan peringkat 601-800 di dunia.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Prof Budi Santoso menyampaikan, diraihnya predikat ini membuktikan bahwa FK dan FKG Unair dapat saling melengkapi sehingga bisa menjadi yang terbaik di Tanah Air.

Strategi Menjadi yang Terbaik


Prof Bus, sapaan akrabnya, menjelaskan, untuk mencapai predikat terbaik maka semua aktivitas dan program di FK dan FKG selalu menjalin kerja sama dengan mitra luar negeri sehingga dapat berdampak cukup signifikkan bagi keduanya.

Di Fakultas Kedokteran, kerja sama internasional tersebut dengan mengundang sebanyak-banyaknya adjunct professor atau profesor tamu.

Baca juga: Mengenal Clareta Milena, Mahasiswa Peraih IPK Tertinggi pada Wisuda April ITB 2023

Ada empat tugas adjunct professor. Yakni, memberikan kuliah, kolaborasi dalam penelitian, kolaborasi dalam publikasi, dan menjadi promotor atau co-promotor dari staf departemen yang mengangkatnya.

“Saat ini di FK telah memiliki sebanyak 25 adjunct professor. Dan di bulan Mei nanti Insya Allah akan bertambah tiga lagi dari Leiden University,” katanya, dikutip dari laman Unair, Senin (17/4/2023).

Selain itu, syarat publikasi untuk lulusan S2, S3, SP1, dan SP2 harus secara internasional dan terindeks Scopus. Hal ini tentunya dapat mendongkrak perankingan yang ada di FK maupun FKG.

Baca juga: Mau Ikut Ujian Mandiri UGM 2023? Ini Jadwal dan Syarat Lengkapnya

“Program double degree yang saat ini untuk S1 dengan Melbourne juga akan diperluas dengan Western Sydney University, Chulalongkorn University, Manchester University, dan mudah-mudahan Malaysia dan Taiwan menyusul. Sehingga semua kelas internasional di FK Unair mengikuti double degree,” ucapnya.

Ranking sebagai Implikasi


Menanggapi perankingan tersebut Prof Bus mengatakan bahwa tujuan utama bukanlah untuk mengejar ranking melainkan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan sebaik-baiknya. Ranking merupakan efek samping sebagai hasil dari aktivitas terbaik perguruan tinggi. Perankingan ini hanyalah sebagai motivasi untuk memberikan yang lebih baik lagi.

“Tujuan utama kami yaitu memberikan suatu proses belajar mengajar, melakukan suatu proses penelitian termasuk publikasinya, dan melaksanakan pengabdian masyarakat dengan sebaik-baiknya. Maka perankingan tersebut akan mengikuti,” tutur Dekan FK Unair itu.

Dia mengatakan, suatu saat akan terus terjadi regenerasi kepemimpinan di Fakultas Kedokteran. Maka ia berharap agar semua tim terus bekerja menjadi tim yang baik, menghasilkan karya terbaik, dan mengembangkan apa yang sudah ada, memperbaiki, dan menyempurnakan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)