Dies Natalis Ke-56, FTUI Tampilkan 7 Produk Riset Lawan COVID-19

Senin, 20 Juli 2020 - 22:13 WIB
loading...
Dies Natalis Ke-56, FTUI Tampilkan 7 Produk Riset Lawan COVID-19
Dekan FTUI Dr.Hendri D.S.Budiono dalam kegiatan Dies Natalis FTUI bertajuk FTUI Untuk Indonesia Bersatu dan Gotong Royong Menghadapi Pandemi COVID-19. Foto/Ist
A A A
DEPOK - Ada yang menarik di Dies Natalis ke-56 Fakultas Tehnik Universitas Indonesia (FTUI). Mereka menampilkan tujuh produk riset sebagai kontribusi FTUI dalam masa pandemi COVID-19.

Ketujuh produk yang di kedepankan Dies Natalis ke-56 FTUI yang mengangkat tema FTUI Untuk Indonesia: Bersatu dan Gotong Royong Menghadapi Pandemi COVID-19, sebagian besar merupakan hasil riset yang sudah diproduksi dan didistribusikan kepada masyarakat.

Produk pertama adalah Movable Hand Washer yang telah diproduksi dan didistribusikan sebanyak 250 unit. Kedua, Bilik Disinfektan Cepat (75 unit), lalu Propolis asli Indonesia yang kini dikembangkan dalam bentuk kapsul dan siap diedarkan dalam waktu dekat. (Baca juga: Riset UI: Sel Punca Mesenkimal Berhasil Sembuhkan Pasien Pneumonia COVID-19 )

Selanjutnya, Flocked Swab yang telah didistribusikan sebanyak 100 ribu unit dengan target distribusi berikutnya 500 ribu unit, kemudian Bilik Swab yang telah diproduksi dan ditempatkan di RSUI dan Lab Mikrobiologi FKUI.

Selain itu, ada Ventilator UI COVENT-20, yang telah diproduksi dan dalam proses distribusi sebanyak 300 unit dan yang terbaru adalah High Flow Nasal Cannula yang saat ini masih dalam penelitian, tahap prototipe.

Dekan FTUI Hendri D.S. Budiono mengatakan, pandemi COVID-19 merupakan permasalahan yang kompleks dan multidimensi. Dampaknya pada berbagai area masyarakat memerlukan mitigasi dan adaptasi lintas ilmu untuk mencari solusinya. FTUI pun memandang permasalahan yang ada sebagai tantangan yang perlu dijawab dengan karya inovasi FTUI. (Baca juga: Gelar Kompetisi Sains di Tengah Pandemi, Mendorong Siswa Tetap Berprestasi )

"Dengan kolaborasi yang dinamis dengan fakultas-fakultas lain di UI, seperti Fakultas Kedokteran UI, kami berhasil menggagas, mengembangkan, memproduksi dan mendistribusikan hasil penelitian yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi pandemi COVID-19,” ujarnya pada Puncak acara Dies Natalis ke-56 FTUI, Jumat (17/7) di FTUI, Depok melalui siaran pers.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UI Ari Kuncoro menyampaikan dalam sambutannya, FTUI senantiasa berkontribusi melalui riset dan inovasi. Sebagai bagian dari UI yang tidak dapat terpisahkan, kolaborasi riset lintas disiplin ilmu antara FTUI dan fakultas lain didalam UI, adalah bentuk semangat gotong royong UI.

"Inilah marwah sebenarnya dari UI. Proses hulu hingga hilir yang dilalui produk-produk riset FTUI, seperti Ventilator COVENT-20, merupakan contoh model kolaborasi pentahelix yang tercipta antara perguruan tinggi, pemerintah, swasta, masyarakat dan media. Kolaborasi ini akan terus kita kembangkan untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” katanya.

Pada acara tersebut juga dilakukan peresmian Makara 04 Smart Meeting Room, fasilitas pintar terbaru FTUI yang merupakan ruangan multifungsi dengan berbagai fitur pintar seperti: Smart Presentation (Videotron dan TV), Smart Screen/ Smart View, Teleconference, Wifi connection dan Smart information display. (Baca juga: 5 Kementerian/Lembaga Ini Pakai Rekening Pribadi untuk Kelola Dana APBN )

FTUI juga memperkenalkan integrated Creative Engineering Learning Laboratory (i-CELL) FTUI, gedung pintar yang terdiri dari 8 lantai dan 1 rooftop laboratorium dengan total luas bangunan 8.410 meter persegi. Gedung ini mengusung teknologi smart and green building yang ramah lingkungan dan efisien di dalam pengelolaan energi pencahayaan, sirkulasi udara, serta menerapkan teknologi water harvesting.

Kedua fasilitas terbaru ini merupakan upaya FTUI untuk mengubah proses pendidikan dari Teaching Approach ke Learning Approach yang berfokus kepada mahasiswa serta menciptakan dan menyatukan laboratorium penelitian dan pendidikan yang terintegrasi, nyaman, modern dan memudahkan dilakukannya penelitian lintas disiplin di FTUI.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0870 seconds (0.1#10.140)