1.692 Mahasiswa Lolos IISMA, Kuliah 1 Semester di Kampus Top Dunia

Selasa, 18 April 2023 - 09:24 WIB
loading...
1.692 Mahasiswa Lolos IISMA, Kuliah 1 Semester di Kampus Top Dunia
Mahasiswa yang lolos IISMA dapat meraih kesempatan kuliah selama 1 semester di kampus top dunia. Foto/Dok/BKHM.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 1.692 mahasiswa terpilih sebagai peserta Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ). Mereka pun bisa mendulang pengalaman dengan kuliah gratis selama satu semester di sejumlah kampus top dunia.

1.692 mahasiswa yang lolos IISMA itu terbagi atas 1.132 mahasiswa program sarjana dan 560 mahasiswa program vokasi. Pengumuman kelulusan beasiswa Kemendikbudristek ini disampaikan melalui platform pendaftaran IISMA.

Mahasiswa dan mahasiswi yang berhasil terpilih ini akan mengikuti kegiatan mobilitas internasional ke perguruan tinggi terbaik dunia selama satu semester atau selama 4–6 bulan gratis alias dibiayai dari dana pemerintah Indonesia.

Pembelajaran yang diikuti para mahasiswa di luar negeri ini akan direkognisi dalam bentuk satuan kredit hingga 20 satuan kredit semester (SKS) di perguruan tinggi asal masing-masing.

Baca juga: Alumnus UNS Bagikan Tips Jitu Meraih Beasiswa LPDP Luar Negeri

Kepala Program IISMA Rachmat Sriwijaya mengatakan, animo mahasiswa untuk mengikuti Program IISMA semakin tinggi sehingga serangkaian proses seleksi ketat pun harus dilakukan.

"Peserta sebanyak 1.692 ini adalah mereka yang berhasil memenuhi seluruh persyaratan dan lulus pada seluruh tahapan seleksi,” jelasnya, dikutip dari laman Kemendikbudristek, Selasa (18/4/2023).

Program beasiswa mobilitas IISMA berlangsung sejak 2021 untuk Jalur Sarjana, sedangkan Jalur Vokasi baru dibuka pada 2022. Program ini mencapai angka pendaftar tertinggi pada pelaksanaan tahun 2023, dengan sebanyak 9.116 mahasiswa jenjang sarjana dan diploma yang resmi terdaftar sebagai calon peserta.

Terdapat 140 mitra Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) di 27 negara yang bergabung pada IISMA 2023. Di antara deretan mitra PTLN, terdapat nama perguruan tinggi top dunia yang termasuk dalam peringkat 20 besar pada QS World University Ranking, yaitu: University of Cambridge, University College London, University of Chicago, University of Pennsylvania, The University of Edinburgh, Yale University, dan Nanyang Technological University.

Baca juga: Beasiswa Persiapan Studi Doktoral Luar Negeri Dosen PPG Dibuka, Daftar di Link Ini

Selain itu, delapan universitas terbaik di Australia atau yang biasa dikenal sebagai Group of Eight (Go8) juga bergabung menjadi mitra PTLN untuk pelaksanaan Program IISMA Tahun 2023.

"Program IISMA menyediakan kesempatan yang luar biasa bagi mahasiswa. Kami menantikan untuk menyambut lebih banyak mahasiswa peserta IISMA," ucap Lisa Taglang, Associate Director of International Programs University of Pennsylvania Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)