5 Kampus Islam Terbaik di Jawa Barat yang Bisa Jadi Referensi Calon Mahasiswa

Selasa, 18 April 2023 - 15:03 WIB
loading...
5 Kampus Islam Terbaik di Jawa Barat yang Bisa Jadi Referensi Calon Mahasiswa
Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Foto/Dok/UIN SGD
A A A
JAKARTA - Jawa Barat termasuk provinsi yang unggul dalam bidang pendidikan. Hal ini ditunjukkan dengan keberadaan sejumlah universitas terbaik, termasuk juga universitas Islam . Perbedaan antara universitas Islam dengan universitas umum adalah penerapan kurikulum dan ilmu yang terintegrasi, antara ilmu non agama dan juga ilmu agama.

Anda juga akan mendapatkan sudut pandang baru dari sisi agama terhadap semua hal. Dengan demikian, pola pikir mahasiswa akan senantiasa memandang setiap hal dari dua sisi, sisi agama dan juga umum. Lantas, apa saja pilihan kampus Islam terbaik di Provinsi Jawa Barat?



Berikut 5 kampus Islam terbaik di Jawa Barat:


1. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan kampus Islam negeri di bawah naungan Kementerian Agama RI dan berlokasi di Kecamatan Cibiru, Bandung. Tak hanya menjadi kampus Islam terbaik di Jawa Barat, UIN Sunan Gunung Djati Bandung juga menduduki posisi pertama sebagai Universitas Islam Negeri Indonesia terbaik versi Webometrics.

Penilaian hasil Webometrics ini didasari oleh tiga indikator, yakni keterbukaan publikasi hasil riset berdasarkan sitasi tertinggi dari para peneliti universitas, berdasarkan jumlah sitasi tertinggi paper hasil riset universitas, serta volume konten dan dampak dari publikasi web.

2. Universitas Islam Bandung

Universitas Islam Bandung (Unisba) merupakan salah satu universitas swasta Islam terbaik di Jawa Barat. Berdiri sejak tahun 1958, Unisba telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Kampus ini fokus menjadi tempat pendidikan dan penelitian yang unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis keislaman.

Tak hanya dalam lingkup universitas Islam, kampus yang berlokasi di Jalan Tamansari No 1, Kec. Bandung Wetan ini menduduki posisi ke-8 pada peringkat universitas terbaik di Jawa Barat menurut UniRank.

3. Universitas Islam Nusantara


Universitas Islam Nusantara (UNINUS) adalah kampus Islam swasta yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No 530, Kota Bandung, Jawa Barat. Sebelum mengubah nama menjadi UNINUS, kampus ini dulunya bernama Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU), yang didirikan di Kota Bandung pada 30 November 1959.

UNINUS masuk ke deretan universitas terbaik di Bandung versi EduRank tahun 2022 dan berada di posisi 8. Tak hanya berkualitas dari segi akademik, kampus ini juga mewadahi para mahasiswanya untuk unggul di bidang non-akademik.

4. Universitas Ibn Khaldun


Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor adalah kampus Islam yang terdapat di Bogor, Jawa Barat. Kampus yang berdiri pada 1961 ini memiliki visi untuk menjadi universitas yang unggul dengan berbasis pada keislaman dan teknologi.

Pada mulanya, UIKA hanya memiliki 4 fakultas. Namun, seiring dengan perkembangannya, UIKA kini mempunyai 6 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana dengan 23 program studi. Berdasarkan pemeringkatan universitas di Indonesia versi UniRank 2023, Universitas Ibn Khaldun berada di peringkat 210.

5. Universitas Islam 45 Bekasi


Cikal bakal Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi bermula dari dibentuknya Akademi Pembangunan Desa (APD) Bekasi yang bertempat di Gedung Juang 45 Bekasi. Berdiri pada 1982, kampus ini merupakan universitas pertama dan terbesar di Kota Bekasi.

Saat ini, UNISMA Bekasi memiliki 7 fakultas dengan 21 program studi dan 3 program magister. Selain telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Universitas Islam 45 Bekasi berada di peringkat 299 dalam daftar kampus terbaik di Indonesia versi UniRank 2023.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7564 seconds (0.1#10.140)