Seleksi Mandiri ITB 2023 Kapan Dibuka? Berikut Informasinya

Rabu, 19 April 2023 - 09:59 WIB
loading...
Seleksi Mandiri ITB 2023 Kapan Dibuka? Berikut Informasinya
Informasi mengenai jalur Seleksi Mandiri ITB 2023, persyaratan, ketentuan ujian, dan jadwal pendaftarannya. Foto/ITB.
A A A
JAKARTA - ITB akan kembali membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri (SM-ITB) pada 31 Mei 2023 mendatang. Apa saja persyaratan dan jadwal lengkapnya simak di artikel ini.

Seleksi Mandiri Institut Teknologi Bandung (SM-ITB) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang sepenuhnya diselenggarakan oleh ITB. Hal ini berbeda dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Tes (SNBT) yang dikoordinir oleh tim SNPMB.

Penting diketahui, SM-ITB adalah jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang akan berjalan tanpa subsidi biaya. Calon Mahasiswa melalui SM-ITB bertanggung jawab untuk membiayai secara penuh pendidikan program sarjananya di ITB.

ITB tidak memberikan subsidi biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Namun demikian, proses penerimaan SM-ITB tetap menggunakan kriteria kemampuan akademik yang tinggi sebagai satu-satunya kriteria kelulusan seleksi.

Namun uang kuliah bagi penerima KIP Kuliah, calon peserta dari SMA/MA wilayah 3T, ITB ITB membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dan biaya pendidikan di ITB.

Dikutip dari laman Admisi ITB, berikut ini ketentuan penilaian, persyaratan, hingga jadwal SM-ITB 2023 di ITB.

Ketentuan Penilaian SM-ITB 2023


1. Hasil Ujian Seleksi (daring), Nilai UTBK, dan Nilai Rapor bagi pendaftar ke fakultas/sekolah selain FSRD

2. Hasil Ujian Seleksi (daring), Nilai UTBK, Nilai Rapor dan Hasil Tes Keterampilan Seni Rupa (daring), bagi pendaftar ke FSRD

3. Ujian Seleksi dan Tes Keterampilan Seni Rupa akan diselenggarakan ITB secara Daring.

Persyaratan Peserta SM-ITB 2023


1. Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS atau lulusan Paket C jurusan IPA/IPS, dengan tahun ijazah 2021, 2022, atau 2023.

2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
Memiliki dan mengunggah nilai rapor SMA/MA/Paket C lengkap, semester 1 s.d semester 6.

3. Memiliki nilai UTBK 2023

4. Tidak pernah tercatat sebagai mahasiswa program sarjana ITB.

5. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNBP/SNBT atau seleksi program Sarjana-Internasional ITB tahun 2023

6. Mengikuti Ujian Seleksi Mandiri ITB secara daring
Khusus untuk peminat Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), wajib mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa secara daring.

7. Lulusan tahun 2021 dan 2022 dapat mendaftar SM-ITB 2023 dengan syarat memiliki nilai UTBK 2023.

8. Tidak buta warna, baik buta warna total maupun buta warna parsial, bagi peminat :
Sekolah Farmasi (SF)
Sekolah Ilmu dan Rekayasa Hayati (SITH)
Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
Fakultas Teknologi Industri (FTI) – Kampus Jatinangor
Program Studi Kimia (FMIPA-IPA)
Program Studi Teknik Geologi (FITB-G)
Program Studi Teknik Kimia (FTI-G).

Petunjuk Pendaftaran SM-ITB 2023


1. Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS, serta lulusan Paket C jurusan IPA/IPS, dengan tahun ijazah 2021, 2022, atau 2023.
- Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).
- Memiliki data prestasi akademik (nilai rapor) dan mengunggah nilai rapor lengkap, semester 1 s.d. semester 5.

2. Memiliki nilai UTBK 2023.

3. Tidak pernah tercatat sebagai mahasiswa program sarjana ITB

4. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB di tahun berjalan.

5. Menyelesaikan pendaftaran calon peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) di laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB dengan tahapan sebagai berikut:
- Mendaftarkan diri dengan menggunakan Nama lengkap (sesuai Akta Kelahiran), - Tanggal Lahir (sesuai Akta Kelahiran), NISN, NPSN, serta alamat e-mail yang aktif.
Penulisan NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK yang diisikan ke laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) harus sesuai dengan NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK yang terdapat di akun SNPMB peserta.
Penulisan NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK dilakukan tanpa tanda baca (angka saja).
ITB akan menyampaikan nomor peserta SM-ITB dan password ke alamat e-mail masing-masing calon peserta.
Masing-masing calon peserta hanya diperkenankan memiliki 1 akun pendaftaran SM-ITB.

2. Mengisikan data pribadi dan data asal sekolah, sesuai dengan keadaan sebenarnya.
3. Mengisikan nilai rapor dan mengunggah hasil pindai rapor asli (bukan fotokopi yang dilegalisasi) semester 1 s.d. semester 6.
- Nilai rapor yang diisikan dan diunggah adalah nilai pengetahuan/kognitif, pada skala 100.
- Bila terdapat lebih dari satu nilai Matematika/Bahasa Inggris dalam semester yang sama, silakan gunakan nilai mata pelajaran wajib.
- Hasil pindai rapor semester 1-semester 6. diunggah dalam 1 file format pdf, dengan ukuran maksimum 5 Mb.
4. Mengisikan nomor peserta UTBK 2023. ITB akan meminta nilai UTBK peserta yang bersangkutan secara langsung dari SNPMB. Mohon peserta memastikan bahwa NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK yang diisikan ke laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB telah sesuai dengan penulisan yang terdapat di akun SNPMB peserta.
- Peserta mengisikan nomor peserta UTBK tanpa tanda baca.
- Peserta mengunggah Kartu Peserta UTBK 2023 terbaru.

5. Melakukan pemilihan fakultas/sekolah/program studi yang dituju di ITB, sesuai dengan jurusan asal sekolah. Calon peserta dapat memilih maksimum 3 pilihan fakultas/sekolah/program studi pada pelaksanaan SM-ITB.

6. Mengunggah hasil pindai akta kelahiran asli dalam format pdf.

7. Mengunggah pas foto berwarna terbaru (bukan foto selfie/foto media sosial), dalam format jpg.

8. Mengunggah hasil pindai bukti kelulusan SMA, dengan ketentuan sebagai berikut:
Bagi lulusan tahun 2021 dan 2022, mengunggah hasil pindai ijazah asli, dalam format pdf, maksimum 1 Mb.

9. Bagi lulusan tahun 2023, mengunggah hasil pindai Surat Keterangan Lulus Sementara/Surat Keterangan Lulus yang dilengkapi foto calon peserta (cap sekolah dan/atau tanda tangan kepala sekolah pada SKL harus mengenai foto calon peserta SM-ITB) dalam format pdf, maksimum 1 Mb.

10. Mengunggah Surat Keterangan Bebas Buta Warna (total maupun parsial) dari dokter spesialis mata (Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari dokter umum/nonspesialis mata tidak dapat digunakan), sesuai dengan format yang telah ditentukan (dilengkapi pas foto calon peserta yang terkena cap klinik/rumah sakit) bagi peminat:
Sekolah Farmasi (SF)
Sekolah Ilmu dan Rekayasa Hayati (SITH)
Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
Fakultas Teknologi Industri (FTI) – Kampus Jatinangor
Program Studi Kimia (FMIPA-IPA)
Program Studi Teknik Geologi (FITB-G)
Program Studi Teknik Kimia (FTI-G)

11. Mengunggah 1 buah bukti prestasi, minimum tingkat Internasional, bila ada

12. Melakukan pelunasan biaya seleksi dengan menggunakan kode pembayaran yang tercantum di laman pendaftaran masing-masing calon peserta. Ketentuan mengenai biaya seleksi yang harus dilunasi dapat diperoleh di bagian "Biaya Pendidikan".

13. Melakukan finalisasi pendaftaran dan pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) baru dinyatakan selesai setelah peserta mencetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Setelah finalisasi dilakukan, peserta tidak dapat melakukan perubahan/perbaikan data untuk alasan apa pun.

14. Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dinyatakan selesai setelah calon peserta melakukan cetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).

15. Pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) hanya dapat dilakukan setelah finalisasi data pendaftaran peserta dan pelunasan biaya seleksi selesai dilaksanakan.

16. Mengikuti Ujian Seleksi Mandiri ITB yang akan diselenggarakan secara DARING (ONLINE). Jadwal dan informasi lengkap mengenai pelaksanaan dan tata cara Ujian Seleksi Mandiri ITB akan disampaikan kemudian di akun masing-masing peserta.

17. Khusus untuk pendaftar ke program studi yang ada di bawah FSRD-G dan program studi Desain Komunikasi Visual-Narasi Visual Digital, juga diwajibkan untuk mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa yang akan diselenggarakan secara DARING (ONLINE). Jadwal dan informasi lengkap mengenai pelaksanaan dan tata cara Tes Kemampuan Seni Rupa akan disampaikan kemudian di akun masing-masing peserta.

18. Calon peserta yang belum menyelesaikan pengisian data/pengunggahan dokumen persyaratan hingga akhir masa pendaftaran dan/atau belum melakukan pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) akan dinyatakan belum menyelesaikan pendaftaran dan tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi.

Jadwal Pendaftaran SM-ITB 2023


1. Pendaftaran peserta (daring): 31 Mei-30 Juni 2023

2. Ujian seleksi (daring): 6 Juli 2023

3. Tes Kemampuan Seni Rupa (daring): 8 Juli 2023

4. Pengumuman hasil seleksi: 19 Juli 2023

5. Pendaftaran ulang mahasiswa baru (daring): 24-29 Juli 2023

6. Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI): 31 Juli-5 Agustus 2023.

Ujian Seleksi Mandiri ITB


Berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, mulai tahun 2023, ITB mengadakan Ujian Seleksi Mandiri, sebagai bagian dari pelaksanaan program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).
Seluruh peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2023 diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Ujian Seleksi Mandiri tersebut secara daring, melalui aplikasi yang akan disampaikan kemudian. Dengan demikian, peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2023 dapat mengikuti pelaksanaan ujian seleksi tanpa harus meninggalkan daerah domisilinya.

Waktu dan jadwal pelaksanaan Ujian Seleksi Mandiri SM-ITB 2023 adalah sebagai berikut:

Hari, Tanggal : Kamis, 6 Juli 2023
Waktu : 09.00 WIB – selesai (peserta harus login paling lambat pukul 08.30 WIB)
Lokasi : DARING melalui aplikasi yang akan diinformasikan kemudian

Materi yang akan diujikan pada pelaksanaan Ujian Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2023 adalah sebagai berikut:

Matematika
Fisika (Mekanika)
ITB akan menentukan mata uji dan durasi pelaksanaan Ujian Seleksi Mandiri, berdasarkan fakultas/sekolah/program studi yang dipilih peserta pada saat pendaftaran calon peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Petunjuk Pelaksanaan Ujian Seleksi tersebut dapat diperoleh di tautan berikut setelah masa pendaftaran calon peserta SM-ITB 2023 berakhir:

https://admission.itb.ac.id/berkas/Ujian_Seleksi_SM-2023.pdf

Informasi detail mengenai pelaksanaan Ujian Seleksi Mandiri SM-ITB 2023, termasuk Petunjuk Pelaksanaan Ujian, akan disampaikan di akun masing-masing peserta, serta di laman https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri.

Tes Keterampilan Seni Rupa

Pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB), peserta yang memilih Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan/atau memilih program studi Desain Komunikasi Visual - Narasi Visual Digital, diwajibkan untuk mengikuti Tes Keterampilan Seni Rupa, sebagai bagian dari kegiatan seleksi.

Kegiatan tersebut sedianya akan dilaksanakan secara daring. Waktu dan jadwal pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa SM-ITB 2022 secara daring tersebut adalah sebagai berikut:

Hari, Tanggal : Sabtu, 8 Juli 2023
Waktu : 09.00 WIB – selesai (peserta harus login paling lambat pukul 08.30 WIB)
Lokasi : DARING melalui aplikasi yang akan diinformasikan kemudian

Peserta Tes Keterampilan Seni Rupa dimohon untuk memperhatikan Petunjuk Pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa secara teliti. Petunjuk Pelaksanaan Tes Keterampilan tersebut dapat diperoleh di tautan berikut setelah masa pendaftaran calon peserta SM-ITB 2023 berakhir:

https://admission.itb.ac.id/berkas/Tes-Kemampuan-Seni-Rupa-FSRD-SM-ITB-2023.pdf

Informasi detail mengenai pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa SM-ITB 2023, termasuk Petunjuk Pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa, akan disampaikan di akun masing-masing peserta, serta di laman https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri.

Pendaftaran Online SM-ITB 2023


Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2023 dapat dilakukan secara daring, mulai tanggal 31 Mei - 30 Juni 2023, pukul 20.00 WIB, melalui tautan berikut:

1. Registrasi SM-ITB bagi Peserta Reguler & Peminatan: https://admission.itb.ac.id/seleksi-mandiri/login/daftar

2. Registrasi SM-ITB bagi peserta Program Dukungan Daerah 3T : https://admission.itb.ac.id/seleksi-mandiri/login/daftar_3t

3. Registrasi SM-ITB bagi peserta Program Beasiswa KIP-K : https://admission.itb.ac.id/seleksi-mandiri/login/daftar_kipk

4. Registrasi SM-ITB bagi peserta Program Dukungan Program Studi Strategis Nasional : https://admission.itb.ac.id/seleksi-mandiri/login/daftar

Peserta yang sudah melakukan registrasi dan sudah memperoleh nomor seleksi, dapat melakukan login ke laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB melalui tautan berikut:
https://admission.itb.ac.id/seleksi-mandiri/.

Demikian informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri SM-ITB 2023. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)