3 Siswa Madrasah Asal Yogyakarta Melaju ke Final Kompetisi Sains Indonesia 2023

Jum'at, 21 April 2023 - 06:44 WIB
loading...
3 Siswa Madrasah Asal Yogyakarta Melaju ke Final Kompetisi Sains Indonesia 2023
2 siswa Madrasah Aliyah (MA) asal Yogyakarta berhasil melaju ke babak final Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI) 2023 di DKI Jakarta. Foto/Dok/Kemenag
A A A
JAKARTA - Alia Keisa Fawzia (16), siswa Kelas X Sains Madrasah Aliyah (MA) Diponegoro Yogyakarta berhasil melaju ke babak final Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia ( KOSSMI ) 2023 di DKI Jakarta.

Dua siswa lainya yaitu Asfi Tijani Ahmad dari MAN 1 Yogyakarta dan Faizah Khoirunnisa dari MAN 1 Bantul. Selanjutnya, 50 peserta terbaik nasional akan menuju babak final pada Sabtu sampai Minggu, 20–21 Mei 2023 di Jakarta.



Alia menceritakan bahwa pada saat kompetisi , dirinya sangat berhati-hati dan bermain strategi. Jika tidak yakin jawaban benar pada soal pilihan ganda lebih baik ditinggal, sebab jika salah akan mengurangi poin.
“Namun, saya bekerja keras dan mengerjakan semua soal essay yang ada,” terang Alia dalam keterangannya, Jumat (21/4/2023).

Menurutnya, soal-soal dalam kompetisi meliputi materi Matematika kelas X, XI dan XII. Dia mengaku sempat kesulitan mengerjakanya soal-soal tersebut karena dia masih duduk di kelas X. Namun, dengan latihan dan bimbingan selama di madrasah, ia sangat merasa terbantu.

“Soal-soalnya belum diajarkan di sekolah, tapi beruntung mendapat dukungan yang baik dari madrasah. Saya difasilitasi akses mencari bahan latihan di internet dan beberapa kali bimbingan via online dan belajar lewat platform video online,” ungkapnya.



Wali kelas Sains kelas X MA Diponegoro Yogyakarta (Madipo), Pinandita Afriwardani menyampaikan bahwa anak didiknya dapat mengikuti kompetisi KOSSMI dengan baik, mulai dari babak penyisihan pada Senin, 27 Feb 2023 dan babak semi final pada Minggu, 19 Maret 2023.

“Duta KOSSMI Madipo bidang Kimia, Nabira Kaim Ayu Santoso (Rara) baru bisa sampai semi final dan di bidang Matematika, dan Alia bisa berlanjut ke tingkat nasional, ke babak final,” imbuh guru kelahiran Yogyakarta ini.

Sementara itu, guru pembimbing lomba dan juga UTBK Madipo, Yati Kusrini sangat bahagia dan mengakui bahwa mereka anak yang baik dan tekun berlatih. Pantang menyerah dan Alia adalah sosok yang positif.

“Untuk maju final akan kami siapkan strategi baru. Kami usahakan untuk pembimbing baru yang lebih berpengalaman sehingga anak kami sukses di babak final KOSSMI di Jakarta bulan depan,” ujar Yati optimistis.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)