Raih Beasiswa IISMA, Anak Cleaning Service Ini Mengejar Mimpi ke Amerika

Jum'at, 21 April 2023 - 09:51 WIB
loading...
Raih Beasiswa IISMA, Anak Cleaning Service Ini Mengejar Mimpi ke Amerika
Mahasiswa Polimedia Bagus Hendrawan menjadi salah satu penerima beasiswa IISMA ke Amerika Serikat. Foto/Laman Ditjen Vokasi
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Polimedia Bagus Hendrawan menjadi awardeebeasiswa IISMA ke Amerika Serikat. Anak dari seorang cleaning service ini akan kuliah satu semester di University of Missouri.

Mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) dari jurusan Teknologi Permainan ini awalnya tidak pernah menyangka dia akan menjadi bagian dari beasiswa populer program flagship Kemendikbudristek ini.

Namun nyatanya ia menjadi salah satu dari 590 mahasiswa vokasi yang akan berangkat ke berbagai kampus top dunia selama satu semester.

University of Missouri-Kansas City Tujuannya


Bagus akan mengikuti pembelajaran sekaligus menikkmati pengalaman baru di University of Missouri-Kansas City khususnya pada bidang artificial intelligence (AI).

“Saya masih enggak menyangka menjadi awardee IISMA, apalagi jika dibandingkan dengan calon lain yang memiliki banyak prestasi,” tuturnya, dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Jumat (21/4/2023).

Alumni SMK 51 Jakarta ini mengaku tidak berharap banyak lolos program mobilitas belajar internasional dari beasiswa IISMA, apalagi ia harus bersaing ketat menuju kampus di Negeri Paman Sam tersebut.

Baca juga: 295 Mahasiswa UI Lolos Program IISMA 2023, Mayoritas ke Universitas di Inggris dan AS

Namun, berkat usaha dan doa dari keluarga dan rekan-rekannya, Bagus terpilih sebagai satu-satunya mahasiswa Polimedia yang berangkat ke negeri adidaya itu.

Apa Tekadnya setelah Balik ke Indonesia?


Bagus bertekad untuk mengembangkan permainan yang bagus untuk anak Indonesia sepulangnya belajar dari Amerika nanti. Apalagi di Prodi Teknologi Permainan Polimedia Bagus juga sudah mempelajari bagaimana membangun dan mengembangkan sebuah teknologi permainan.

Kombinasi antara kompetensi yang didapat selama ini di kampus dan ilmu AI yang akan dipelajari nanti diharapkan bisa melahirkan karya yang membawa manfaat.

“Saya harap semoga ilmu yang saya dapatkan nanti bisa berkontribusi kembali kepada keluarga, Polimedia, dan juga Indonesia,” ujar Bagus.

Perasaan Campur Aduk Ayahanda Bagus

Bagus masuk ke Polimedia pada tahun 2019. Selama berkuliah Bagus merupakan penerima beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul.

Memiliki orang tua yang berprofesi sebagai cleaning service dan asisten rumah tangga, tidak menyurutkan semangat Bagus untuk meraih cita-cita. Di tengah keterbatasan yang sudah dilalui semenjak bangku SMK, Bagus memetik hasil manisnya saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2524 seconds (0.1#10.140)