Cerita Dosen UNS Berpuasa di Jepang, Bunga Sakura Bermekaran Sambut Ramadan

Sabtu, 22 April 2023 - 08:06 WIB
loading...
Cerita Dosen UNS Berpuasa di Jepang, Bunga Sakura Bermekaran Sambut Ramadan
Dosen UNS Mercy Bientri Yunindanova berbagi pengalaman berpuasa di Jepang. Foto/Laman UNS.
A A A
JAKARTA - Salah satu dosen Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta Mercy Bientri Yunindanova tahun ini harus menjalani ibadah puasa di negeri orang. Ia saat ini sedang kuliah S3 di Osaka University, Jepang.

Mercy bercerita, dia tinggal di Negeri Sakura tepat satu tahun pada bulan Maret ini. Mercy pun mengalami banyak perbedaan dalam menjalankan ibadah puasa saat di Indonesia dan kini di Jepang.

“Di sini tentunya tidak semeriah atau kurang terasa dibandingkan dengan bulan puasa di Tanah Air. Karena kami (muslim) minoritas di sini, apalagi Jepang terbiasa dengan suasana yang tenang, jadi kami tidak mendengar azan," katanya, dikutip dari laman UNS, Sabtu (22/4/2023).

"Semuanya harus berpatokan pada diri sendiri. Mungkin itu juga yang menjadi challenge atau tantangan beribadah di negara di mana muslim merupakan minoritas,” lanjutnya.

Baca juga: Dosen Unesa Bagikan Tips Kelola Uang THR bagi Mahasiswa

Aktivitas Berjalan Normal di Bulan Puasa


Bukan hanya soal azan, Mercy menyebut ritme kerja di Jepang juga tidak ada bedanya antara ramadanmaupun bulan-bulan lainnya. Aktivitas berlangsung sebagaimana biasanya. Terlebih ritme kerja di Jepang terkenal disiplin, sehingga tidak ada istilah masuk lebih siang atau pulang lebih awal saat bulan puasa.

Termasuk orang-orang non muslim lainnya yang juga makan dan minum di sekitarnya yang sedang berpuasa dan hal itu tidak menjadi persoalan. Sehingga, ia dan kawan muslim lainnya yang harus beradaptasi dan mengatur energi untuk memastikan tetap bisa produktif meskipun dalam menjalankan ibadah puasa.

"Tapi kami juga cukup bersyukur, orang Jepang saat ini sudah mengenal istilah ramadan. Jadi meskipun mereka masih normal aktivitasnya, saat kami menjelaskan bahwa kami sedang berpuasa, ketika ada acara dengan makan-makan, mereka akan menempatkan acara itu setelah kami berbuka puasa," kisahnya.

"Jadi biasanya modelnya makan malam. Kalau sebelumnya ketika kami tidak menginformasikan, biasanya ada party ataupun kumpul-kumpul di siang hari. Jadi Alhamdulillah mereka bisa menghormati yang sedang kami jalankan dalam bulan ramadan ini,” lanjutnya.

Baca juga: Ryura Assyifa, Siswi SMA Pradita Dirgantara Lolos di 10 Universitas Top Luar Negeri

Sakura Bermekaran saat Ramadan


Terkait waktu puasa di Jepang menurut Mercy, tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Karena saat ini sedang memasuki musim semi.

“Kami merasa cukup terberkahi karena bulan ramadan tahun ini disambut dengan mekarnya sakura, Alhamdulillah. Dan hal yang kami syukuri di musim semi ini, durasi puasanya relatif sama dengan Indonesia. Jadi waktu subuh itu di sekitar 04.30 waktu Jepang dan kami berbuka sekitar pukul 18.15 waktu Jepang," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)