Universitas Brawijaya Lakukan Tracer Study Lulusan, Untuk Apa?

Sabtu, 29 April 2023 - 06:30 WIB
loading...
Universitas Brawijaya Lakukan Tracer Study Lulusan, Untuk Apa?
Universitas Brawijaya lakukan tracer study untuk lulusannya. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pengembangan Karier dan Alumni (DPKA) Universitas Brawijaya mulai melakukan tracer study mulai akhir April hingga akhir tahun 2023. Tracer study ini digelar untuk menemukan informasi dinamika dan transisi dunia kerja bagi para alumninya.

Kepala Subdirektorat Alumni dan Tracer Study, Ir. Adam Hendra Brata mengatakan, Tracer Study Universitas Brawijaya 2023 ini akan menggunakan beberapa tahapan survei kepada alumni yang dibagi berdasarkan waktu lulusnya. Program ini menargetkan melacak lulusan dalam jangka waktu tiga tahun kebelakang.

“Untuk alumni yang lulus tahun 2023 akan diberikan Exit Survey ketika dia baru lulus dengan tujuan meminta penilaian fasilitas UB yang diberikan selama berkuliah di UB,” katanya, dikutip dari laman UB, Sabtu (29/4/2023).

“Enam bulan setelah mereka lulus, alumni tahun 2023 ini akan melanjutkan mengisi Pra Tracer Study yang bertujuan untuk mendapatkan informasi masa transisi karier dari masa kuliah ke dunia kerja dalam waktu beberapa bulan setelah lulus,” tambahnya.

Baca juga: Skor Minimal Nilai UTBK Unpad untuk Lolos SNBT 2023 yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa

Dalam beberapa tahun terakhir, UB berhasil mengumpulkan data dari ribuan lulusan yang telah bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan pendidikan di berbagai sektor. Kumpulan data kemudian dianalisis tim untuk mengetahui dinamika dunia kerja saat ini.

Hasil dari penarikan data tracer study ini akan digunakan untuk kepentingan UB dan keamanan datanya hanya untuk digunakan di dalam lingkungan UB sebagai bahan evaluasi perbaikan mutu dan pelayanan.

Dia menambahkan untuk alumni yang lulus pada tahun 2022 akan diminta untuk mengisi Tracer Study satu yang bertujuan untuk mendapatkan informasi aktivitas utama setelah satu tahun lulus.

Baca juga: 42 Mahasiswa Vokasi UI Lolos IISMA 2023 di Sejumlah Kampus Top Dunia

Sedangkan untuk alumni yang lulus pada tahun 2021 akan diminta untuk mengisi Tracer Study dua yang bertujuan untuk mendapatkan informasi dinamika dalam dunia kerja atau dinamika aktivitas setelah lulus dalam waktu dua tahun berjalan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3120 seconds (0.1#10.140)