Hardiknas 2023, Nadiem: Merdeka Belajar Dekatkan Pendidikan pada Cita-cita Ki Hadjar Dewantara

Selasa, 02 Mei 2023 - 09:32 WIB
loading...
Hardiknas 2023, Nadiem: Merdeka Belajar Dekatkan Pendidikan pada Cita-cita Ki Hadjar Dewantara
Suasana Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 di kantor Kemendikbudristek. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek menyelenggarakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 secara hibrida di halaman kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa (2/5/2023). Peringatan Hardiknas 2023 mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim memimpin upacara dan menyampaikan beberapa transformasi yang telah dicapai selama tiga tahun terakhir.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan Kemendikbudristek kini semakin mendekatkan pendidikan pada cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat,” katanya, melalui siaran pers, Selasa (2/5/2023).

Baca juga: Peringatan Hardiknas 2023, Nadiem Sebut Gerakan Merdeka Belajar Jadi Sejarah Baru

Saat ini, dikatakan Mendikbudristek, anak-anak Indonesia bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Selain itu, para kepala sekolah dan kepala daerah juga kini lebih mudah melakukan pemantauan pelaksanaan pendidikan.

“Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan,” ujar Mendikbudristek.

Selain itu, diungkapkan Mendikbudristek bahwa Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakteristik dan kompetensi. Bahkan, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

“Adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka,” ungkap Mendikbudristek.

Lebih dari itu, Mendikbudristek mengemukakan tentang berbagai capaian pendanaan pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. Pada program dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), Kemendikbudristek telah memberikan kemudahan dalam pencairan langsung hingga fleksibilitas pemanfaatannya bagi sekolah guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Baca juga: Berpakaian Adat Aceh, Nadiem Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2023
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)