Besaran Biaya Kuliah Jika Lolos Jalur Mandiri ITB, Mana yang Termahal?

Rabu, 03 Mei 2023 - 07:21 WIB
loading...
Besaran Biaya Kuliah Jika Lolos Jalur Mandiri ITB, Mana yang Termahal?
Biaya kuliah di ITB jalur Seleksi Mandiri (SM ITB) yang perlu calon mahasiswa ketahui. Foto/Dok/ITB.
A A A
JAKARTA - ITB menyediakan penerimaan jalur seleksi mandiri (SM ITB) bagi calon mahasiswa yang berminat mendaftar pada 31 Mei 2023. Namun berapa biaya kuliah jika diterima di ITB lewat jalur mandiri?

Seleksi Mandiri ITB (SM ITB) menjadi salah satu pintu masuk bagi lulusan SMA untuk kuliah jenjang sarjana di kampus negeri yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini.

Pada SM ITB ini, pihak kampus tidak memberikan subsidi biaya kuliah bagi calon mahasiswa sehingga jika lolos maka mahasiswa harus membiayai sendiri secara penuh kuliahnya hingga lulus.

Akan tetapi, khusus calon peserta yang memegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan yang berasal dari SMA/MA di wilayah khusus 3T maka biaya pendaftaran SM ITB dan biayakuliah nya akan dibebaskan.

Penerimaan mahasiswa baru melalui SM ITB akan menyeleksi calon mahasiswa dengan dua skema, yaitu:

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa Djarum 2023 Masih Dibuka hingga 13 Mei, Cek Syarat dan Cara Daftar

1. Hasil Ujian Seleksi (daring), Nilai UTBK, dan Nilai Rapor bagi pendaftar ke fakultas/sekolah selain FSRD.

2. Hasil Ujian Seleksi (daring), Nilai UTBK, Nilai Rapor dan Hasil Tes Keterampilan Seni Rupa (daring), bagi pendaftar ke FSRD.

Salah satu hal yang diperhatikan orang tua atau wali calon mahasiswa adalah besaran biaya kuliahnya. Terlebih untuk menjadi mahasiswa tidak hanya butuh dana untuk SPP, namun juga buku, praktikum, dan biaya kehidupan sehari-hari.

Besaran UKT dihitung sesuai kemampuan orang tua. Maka ada yang UKT mulai dari nol hingga jenjang selanjutnya. Namun bagi seluruh calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SM-ITB biaya pendidikan atau UKT per semesternya disesuaikan dengan UKT 5.

Nah bagi kalian yang ingin masuk ITB lewat SM ITB, berikut ini daftar biaya pendidikan di ITB melalui seleksi mandiri.

1. Biaya Pendaftaran SM ITB


Biaya pendaftaran SM ITB 2023 adalah sebesar Rp500 ribu per pendaftar. termasuk biaya pelaksanaan Ujian Seleksi dan Tes Kemampuan Seni Rupa (bagi peminat FSRD). Masing-masing pendaftar dapat memilih paling banyak 3 pilihan fakultas/sekolah/program studi pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).

2. Biaya Kuliah SM ITB 2023

a. Fakultas FMIPA-IPA, Sekolah Tinggi ilmu Hayati (SITH R)


Baca juga: Pimpin Upacara Hardiknas 2023, Ini Pesan Rektor IPB University
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3259 seconds (0.1#10.140)