Calon Guru SMK Bisa Daftar Beasiswa Pendidikan Indonesia, Simak Infonya

Jum'at, 05 Mei 2023 - 13:51 WIB
loading...
Calon Guru SMK Bisa Daftar Beasiswa Pendidikan Indonesia, Simak Infonya
Kemendikbudristek menyediakan beasiswa untuk calon guru SMK. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek kembali memberikan beasiswa jenjang D4 dan S1 bagi siswa dan siswi lulusan SMK, SMA, atau madrasah yang punya minat dan komitmen untuk menjadi guru SMK setelah lulus kelak.

Beasiswa juga diberikan pada mahasiswa yang saat mendaftar beasiswa itu maksimal sedang kuliah semester 3 Tahun Akademik 2023/2024 di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) atau perguruan tinggi.

Baca juga: 4 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat Surat Rekomendasi, Nomor 1 Paling Banyak Diburu

Dikutip dari laman Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), calon penerima beasiswa selain punya minat dan komitmen jadi guru SMK setelah lulus, juga harus mendaftar atau berada di Program Studi keahlian yang menjadi sektor prioritas nasional.

Program studi keahlian yang menjadi prioritas nasional itu adalah sektor hospitality (Salah satunya perhotelan), sektor ekonomi kreatif, kemaritiman, pertanian, dan permesinan serta konstruksi.

Kesempatan memperoleh beasiswa guru ini juga diberikan pada guru SMK namun hanya lulusan SMA. Hanya saja, untuk bisa mendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) ini, usianya tak lebih dari 30 tahun pada 31 Desember 2023.

Baca juga: 6 Kategori Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023, Kuliah Gratis S1 hingga S3

Beasiswa itu berupa Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang diberikan melalui Badan Pembiayaan Pendidikan Tinggi (BPPT), salah satu badan yang berada di bawah pengelolaan Puslapdik Kemendikbudristek.

Beasiswa itu juga bisa dimanfaatkan oleh siswa dan siswi di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional serta telah memperoleh penyetaraan dengan sekolah dalam negeri oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut serta untuk mendapatkan buku panduan BPI Kemendikbudristek Tahun 2023, peminat bisa mengakses di laman puslapdik.kemdikbud.go.id atau di laman beasiswa.kemdikbud.go.id.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3152 seconds (0.1#10.140)