5 Universitas Swasta Terbaik di Bali, Referensi Utama Jika Tak Lolos PTN

Rabu, 10 Mei 2023 - 14:39 WIB
loading...
5 Universitas Swasta Terbaik di Bali, Referensi Utama Jika Tak Lolos PTN
Universitas Mahasaraswati Denpasar (UNMAS). Foto/Dok/Unmas
A A A
JAKARTA - Bali merupakan daerah tujuan wisata yang populer bagi wisatawan mancanegara dan domestik. Hal tersebut karena Bali memiliki keindahan alam, kekayaan budaya, serta keragaman kuliner.

Selain terkenal dengan pariwisatanya, Bali juga memiliki sarana pendidikan yang tak kalah bagus dari daerah lainnya di Indonesia. Terdapat beberapa universitas negeri dan swasta terbaik di provinsi tersebut.


Berikut 5 universitas swasta terbaik di Bali:


1. Universitas Mahasaraswati Denpasar (UNMAS)

Kampus ini dikelola oleh Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Denpasar. Berdiri pada tahun 1963 dengan nama IKIP Saraswati dan kini berubah menjadi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Pada tahun 2015, UNMAS mendapatkan peringkat ke-44 versi Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi Indonesia 2015 oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, dengan mengungguli dua universitas negeri di Bali.

UNMAS memiliki 9 fakultas dengan beberapa program studi untuk sarjana dan pascasarjana. Universitas yang berlokasi di Jl Kamboja, Denpasar ini meraih akreditasi Baik Sekali dari BAN PT.


2. Universitas Pendidikan Nasional (UNDIKNAS)

Universitas Pendidikan Nasional merupakan salah satu kampus swasta terbaik di Bali. Awalnya kampus ini berdiri dengan nama Akademi Bank pada tahun 1969. Kemudian pada tahun 1984 berubah menjadi Universitas Pendidikan Nasional.

Saat ini UNDIKNAS memiliki 4 fakultas dan 3 program studi pascasarjana. UNDIKNAS terakreditasi B dari BAN-PT. Selain itu, seluruh jurusan Universitas Pendidikan Nasional juga telah terakreditasi, beberapa di antaranya terakreditasi A.

Kampus ini berlokasi di Denpasar Selatan, tepatnya di Jalan Bedugul, Sidakarya, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

3. Universitas Ngurah Rai (UNR)

Universitas Ngurah Rai (UNR) berlokasi di Jalan Kampus Ngurah Rai, Denpasar Timur. Sejak tahun 1979, kampus ini telah didirikan oleh Yayasan Jagadhita Denpasar.

Selain menjadi salah satu universitas swasta terbaik, UNR juga merupakan salah satu kampus swasta tertua di Bali.

Saat ini UNR memiliki 4 fakultas sarjana dan 1 program pascasarjana. Fakultas tersebut adalah Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Universitas Ngurah Rai telah terakreditasi oleh BAN-PT dan mendapat peringkat akreditasi Baik Sekali.

4. Universitas Hindu Indonesia (UNHI)

Kampus yang telah terakreditasi B dari BAN-PT ini berlokasi di Jalan Sangalangit, Denpasar Timur. UNHI berdiri pada tahun 1963 yang bertepatan pada hari Purnama Kartika.

Kampus ini juga menjadi perguruan tinggi agama Hindu pertama di Indonesia. Saat ini UNHI memiliki 3 fakultas, yaitu Fakultas Dharma Acarya, Fakultas Dharma Duta, Fakultas Brahma Widya. Selain itu, kampus ini juga mempunyai program pascasarjana dan program doktor.

5. Universitas Mahendradatta

Universitas Mahendradatta merupakan salah satu kampus tertua di Bali, sekaligus termasuk kampus terbaik di Bali. Kampus ini berdiri pada tahun 1963 dan telah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT. Lokasinya di Jalan Ken Arok, Denpasar Utara.

Terdapat 4 fakultas di Universitas Mahendradatta, yaitu Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Teknik.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)