Ini 5 Perbedaan Lulusan Universitas Pertahanan dan Lulusan Akademi Militer

Jum'at, 12 Mei 2023 - 09:11 WIB
loading...
Ini 5 Perbedaan Lulusan Universitas Pertahanan dan Lulusan Akademi Militer
Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI). Foto/Dok/Unhan RI
A A A
JAKARTA - Lulusan Universitas Pertahanan dan lulusan Akademi Militer (Akmil) sama-sama memperoleh pendidikan dan pelatihan untuk menjadi pemimpin atau profesional di bidang pertahanan serta militer. Namun, meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, terdapat perbedaan dalam cara mereka melakukannya dan hasil yang diperoleh.

Pertama, lulusan Universitas Pertahanan memperoleh pendidikan yang lebih umum dan holistik tentang pertahanan nasional dan keamanan global. Mereka belajar tentang strategi, politik luar negeri, diplomasi, ekonomi, dan keamanan siber, di samping pengetahuan teknis militer.



Sebagai hasilnya, lulusan Universitas Pertahanan memiliki pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang konteks sosial, politik, dan ekonomi yang mempengaruhi keamanan nasional dan hubungan internasional.

Hal ini membantu mereka untuk mengambil keputusan yang lebih bijaksana dan berorientasi pada jangka panjang dalam melaksanakan tugas mereka.

Di sisi lain, lulusan Akmil fokus pada pelatihan militer teknis dan taktis. Mereka belajar tentang taktik dan strategi militer, peralatan militer, manajemen logistik, medan perang, dan keterampilan tempur.



Akmil juga menanamkan nilai-nilai militer seperti keberanian, kedisiplinan, integritas, dan kepemimpinan yang kuat dalam diri mahasiswa. Lulusannya tentu lebih terampil dalam operasi militer dan siap untuk menghadapi situasi yang penuh tekanan dan risiko.

Kedua, proses seleksi dan penerimaan untuk masuk ke Universitas Pertahanan dan Akmil juga berbeda. Universitas Pertahanan terbuka untuk calon mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang memiliki minat dan kecenderungan untuk bekerja di bidang pertahanan dan keamanan.

Mereka harus melewati proses seleksi yang ketat dan memiliki kualifikasi akademik yang tinggi untuk diterima. Sementara itu, Akmil hanya terbuka untuk calon mahasiswa yang ingin menjadi tentara atau prajurit. Mereka harus melewati proses seleksi dan tes fisik yang sangat ketat, serta memiliki kualifikasi akademik yang memadai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)