Ingin Lolos IISMA dan Belajar ke Luar Negeri? Mahasiswa Prasetiya Mulya Bagikan Tipsnya

Sabtu, 13 Mei 2023 - 08:30 WIB
loading...
Ingin Lolos IISMA dan Belajar ke Luar Negeri? Mahasiswa Prasetiya Mulya Bagikan Tipsnya
Dengan IISMA mahasiswa bisa belajar satu semester di luar negeri. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Beasiswa IISMA saat ini begitu populer di kalangan mahasiswa karena bisa mengantar mereka belajar ke luar negeri. Pengalaman dan membangun relasi internasional jadi salah satu manfaat dari beasiswa ini.

Kesempatan besar ini yang telah dirasakan oleh sejumlah mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya. Mereka bisa belajar selama satu semester di berbagai perguruan tinggi dunia.

Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan STEM Universitas Prasetiya Mulya Maydison Ginting mengatakan, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) memberikan hak dan kesempatan pengalaman kepada mahasiswa untukmengembangkan kompetensi dan pengetahuan di luar negeri.

Mahasiswa akan mendapat pengalaman internasional dari perkuliahan di luar negeri yang berbeda dengan yang mereka jalani di Indonesia. Oleh karena itu, katanya, kampus pun tidak membatasi jumlah mahasiswanya yang ingin daftar di IISMA.

"Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin di luar kampus dan itu penting sekali untuk menambah wawasan mahasiswa Prasetiya Mulya," ujar Maydison, dikutip Sabtu (13/5/2023).

Baca juga: Sisihkan 35.000 Kandidat, 50 Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Raih Beasiswa dari BI

William Hanlim, mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya peraih beasiswa IISMA yang sudah merasakan pengalaman berharga di Korea University menuturkan, gaya belajar mahasiswa di Korea University menuntut mahasiswa lebih mandiri.

William menjelaskan, mahasiswa tidak dibatasi untuk memilih mata kuliah melainkan bisa memilih mata kuliah sesuai dengan keinginannya mereka sendiri.

"Di sana lebih banyak lecture, kelas gede, mahasiswa dikasih materi, kita disuruh presentasi bahkan ada yang muridnya ngajar. Jadi udah dibagiin chapternya sama dosennya kemudian disuruh belajar sendiri, perdalam, dan disuruh ngajar di kelasnya," katanya.

Ingin Lolos IISMA dan Belajar ke Luar Negeri? Mahasiswa Prasetiya Mulya Bagikan Tipsnya

Nelson, William, dan Felicya. Foto/Istimewa.

Sementara Nelson yang juga belajar di Korea University menceritakan budaya membaca di Korsel itu sangat tinggi. Mereka tekun membaca materi kuliah sebelum dan sesudah kuliah dan bahkan sangat aktif bertanya kepada dosen jika ada materi kuliah yang belum mereka mengerti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3015 seconds (0.1#10.140)