Mengenal Sekolah Pascasarjana dan SIKIA Universitas Airlangga

Senin, 15 Mei 2023 - 08:25 WIB
loading...
Mengenal Sekolah Pascasarjana dan SIKIA Universitas Airlangga
Mengenal sekolah pascasarjana dan SIKIA Unair Banyuwangi. Foto/Dok/Unair.
A A A
JAKARTA - Universitas Airlangga (Unair) tidak hanya memiliki fakultas yang memiliki beragam program studi menarik untuk mahasiswa baru. Namun ada sekolah pascasarjana dan SIKIA Unair.

Jika kamu berkuliah di Unair pasti akan menemukan berbagai fakultas yang beragam. Mulai dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan lainnya.

Namun selain fakultas, perguruan tinggi negeri (PTN) yang dipimpin oleh Rektor Prof M Nasih ini juga memiliki dua sekolah. Yaitu Sekolah Pascasarjana dan Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Banyuwangi.

Apa Bedanya dengan Fakultas?

Sekolah di lingkup kampus yang berada di Jawa Timur ini merupakan institusi setara fakultas yang berada di bawah naungan Universitas Airlangga. Berbeda dengan fakultas yang memiliki program studi yang saling berkaitan dalam rumpun ilmu yang sama.

Sekolah memiliki berbagai program studi atau jurusan dari berbagai rumpun berbeda. Sekolah bukan lagi dipimpin oleh dekan layaknya fakultas pada umumnya. Namun, dipimpin seorang direktur dan didampingi wakil direktur yang menaungi beberapa bidang dibawahnya.

Dikutip dari laman Unair, Senin (15/5/2023), posisi Ketua Program Studi (KPS) juga berubah nama menjadi Koordinator Program Studi. Tugasnya, menghubungkan antara prodi tersebut dengan program studi terkait pada fakultas lain di dalam Unair.

Sekolah Pascasarjana Unair

Fokus pendidikan di Sekolah Pascasarjana Unair pada jenjang pendidikan Strata 2(S-2) dan Strata 3 (S-3). Termasuk memiliki program studi lintas disiplin ilmu yang terletak di Kampus Dharmawangsa Unair.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan Kementerian, Prospek Kerja Menjanjikan

Sekolah di Kampus Dharmawangsa (B) Unair tersebut berdiri pada 24 Februari 2012. Sekolah Pascasarjana mengelola 7 program magister multidisiplin dan 1 program doktoral.

Program studi tersebut adalah Magister Pengembangan SDM, Magister Sains Hukum dan Pembangunan, Magister Kajian Ilmu Kepolisian, Magister Manajemen Bencana, Magister Ilmu Imunologi, Magister Ilmu Forensik, Magister Ekonomi Kesehatan, dan Doktoral Pengembangan SDM.

Kini Sekolah Pascasarjana telah meluluskan ratusan alumni yang menduduki berbagai sektor prioritas. Baik di instansi pemerintahan, korporasi, maupun para profesional di institusi nasional dan internasional.

Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA)

Lain halnya dengan Sekolah pascasarjana yang menyediakan program magister dan doktoral bagi mahasiswa. Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Unair menyediakan pendidikan tiga program studi jenjang sarjana. Yaitu, Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat dan Akuakultur.

Baca juga: LSCAA dan LSBA Gelar Autism Awareness Festival Ke-15 untuk Pelajar Berkebutuhan Khusus

Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) merupakan pengembangan dari Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Banyuwangi. SIKIA menjadi pengembangan hasil hubungan kerjasama berkelanjutan antara Universitas Airlangga dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Dengan menyediakan rumpun ilmu kesehatan dan alam, SIKIA akan menjadi pionir pengembangan pendidikan ilmu kedua rumpun tersebut yang akan terus berkembang dengan program studi lainnya di Banyuwangi.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)