Universitas Negeri yang Menyediakan KIP-Kuliah untuk Pendaftar Jalur Mandiri 2023

Selasa, 16 Mei 2023 - 16:59 WIB
loading...
Universitas Negeri yang Menyediakan KIP-Kuliah untuk Pendaftar Jalur Mandiri 2023
KIP Kuliah. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendaftaran perguruan tinggi negeri melalui jalur mandiri di beberapa universitas sudah mulai dibuka. Jalur mandiri merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh masing-masing universitas.

Jalur mandiri memang dikenal dengan jalur yang lebih banyak memungut biaya, mulai dari biaya pendaftaran hingga pada biaya kuliahnya. Tetapi bukan berarti jalur mandiri hanya ditujukan kepada mahasiswa kalangan atas saja.



Calon mahasiswa dengan ekonomi menengah, khususnya yang memiliki KIP-K, bisa pula mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur mandiri. Berikut beberapa perguruan tinggi negeri yang menyediakan KIP-K untuk pendaftar jalur mandiri.

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka jalur mandiri, yang disebut SIMAK UI. Tak hanya terbuka untuk mahasiswa dari kalangan atas, tetapi mahasiswa yang tidak memiliki ekonomi yang cukup juga bisa mendaftar dengan menggunakan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Berdasarkan persyaratan pendaftar SIMAK UI melalui KIP-K di tahun 2022, peserta KIP-K hanya dapat memilih jalur S1 Reguler dengan maksimal pilihan 3 program studi. Peserta wajib melengkapi isian pada menu KIP-K setelah memiliki akun di laman penerimaan.ui.ac.id.



Usai diverifikasi, peserta mengisi formulir pendaftaran SIMAK UI. Peserta yang lolos verifikasi KIP Kuliah tidak perlu membayar biaya pendaftaran. Jika diterima di UI, calon mahasiswa KIP-K harus mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan sebagai proses seleksi penerima KIP-K di UI.

2. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan sekolah tinggi teknik yang berada di Jawa Barat. ITB menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka jalur mandiri untuk calon mahasiswanya, khususnya yang mendaftar menggunakan Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K).

Jalur Seleksi Mandiri ITB atau SM-ITB memberikan kesempatan lebih luas bagi siswa yang memiliki KIP dan ingin melanjutkan pendidikannya. Khusus bagi calon peserta SM-ITB yang merupakan pemilik KIP-K, ITB membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB dan biaya pendidikan di ITB.

Persyaratan untuk memperoleh beasiswa UKT untuk peserta pemilik KIP-K pada pelaksanaan SM-ITB di antaranya, mendaftar secara daring di laman SM-ITB, mengisi nomor KIP-K di laman pendaftaran, mengunggah KIP-K di laman pendaftaran, dan mengunggah Surat Rekomendasi dari sekolah.

3. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran (Unpad) juga memiliki seleksi mandiri yang disebut dengan SMUP. SMUP dapat diikuti oleh mereka yang lulus pendidikan setingkat sekolah menengah atas di tahun 2021, 2022, dan 2023, tanpa harus terdaftar sebagai peserta SNBP atau SNBT.

Unpad juga memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar SMUP melalui KIP-K. Peserta KIP-K harus mendaftar terlebih dahulu dan mengisi data. Setelah itu, melengkapi isian pada bagian nomor pendaftaran KIP-K, mengunggah KIP-K.

Peserta tidak perlu membayar biaya pendaftaran. Jika diterima, maka calon mahasiswa harus mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan sebagai proses seleksi KIP-K.

4. UPN “Veteran” Jakarta

Universitas selanjutnya adalah Universitas Pembangunan Negara “Veteran” Jakarta (UPNVJ). UPNVJ memiliki jalur seleksi mandiri yang disebut dengan SEMA-UPNVJ.

Berdasarkan laman resmi UPNVJ mengenai ketentuan SEMA-UPNVJ di tahun 2022, mereka mempersilakan calon mahasiswa pemilik KIP-K untuk mendaftar melalui jalur mandiri.

Calon peserta dengan KIP-K yang sudah dinyatakan lulus SEMA S1 UPNVJ akan diverifikasi data ekonomi berdasarkan dokumen dan melalui wawancara telepon atau kunjungan ke alamat tempat tinggal peserta.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3126 seconds (0.1#10.140)