Ini Perbedaan Teknik Kimia dan Fisika ITB Serta Prospek Kerjanya yang Luas

Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:52 WIB
loading...
Ini Perbedaan Teknik Kimia dan Fisika ITB Serta Prospek Kerjanya yang Luas
Perbedaan Teknik Kimia dan Teknik Fisika serta prospek kerjanya yang luas. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di jurusan Teknik Kimia dan Teknik Fisika setidaknya harus mengetahui perbedaan keduanya. Kedua jurusan ini juga dibuka di ITB.

Bagi anak IPA yang memang menyukai mata pelajaran Fisika dan Kimia di sekolah, memperdalam ilmu dan materi di jurusan kuliah Teknik Kimia dan Teknik Fisika akan menjadi pelajaran yang menyenangkan.

Di Institut Teknologi Bandung (ITB), kalian bisa menemukan program studi sarjana Teknik Kimia dan Teknik Fisika di Fakultas Teknologi Industri.

Jika kalian masih bingung memilih Teknik Kimia atau Teknik Fisika untuk lanjut kuliah, berikut ini informasi seperti dikutip dari laman resmi ITB.

Teknik Kimia

Tahukah kami jika hampir seluruh pabrik yang ada di dunia dirancang oleh sarjana Teknik Kimia? Hal ini karena Teknik Kimia, khususnya di ITB, merupakan jurusan yang mempelajari teknologi perancangan pabrik.

Perancangan pabrik yang dimaksud adalah merancang proses yang terjadi di dalam pabrik. Seperti erancangan reaksi dalam reaktor untuk menghasilkan produk yang diharapkan, sistem penggunaan sumber daya yang ada di pabrik, pengendalian proses, dan lainnya.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Paling Dicari di Dunia Kerja, Mulai dari IT Hingga Akuntansi

Namun tidak sebatas perancangan pabrik, mahasiswa Teknik Kimia juga akan belajar membuat proses kimia atau biologis yang terjadi baik dalam pabrik maupun luar pabrik menjadi lebih cepat dan efisien agar sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam kehidupan sehari-hari, contoh implementasinya seperti proses fermentasi, seperti pembuatan yoghurt, roti, keju, kecap dan lainnya. Contoh lainnya adalah pemurnian minyak bumi dan gas alam, proses produksi bensin, solar, dan biofuel.

Prospek Kerja


Lulusan Teknik Kimia memiliki prospek kerja yang cukup luas, seperti pada industri atau bidang sebagai berikut :

1. Industri Proses Kimia (misal Industri pupuk, pengolahan minyak bumi, kertas, polimer, gas, logam, makanan, obat-obatan, dan lainnya)
2. Pabrik Pengelolaan Proses Kimia
2. Jasa Rekayasa (Perancangan proses kimia, pengadaan peralatan pabrik, pengadaan bahan konstruksi, pembangunan pabrik kimia)
3. Instansi Pemerintah
4. Instansi Pendidikan
5. Instansi / lembaga penelitian
6. Bank
7. Wirausaha.

Teknik Fisika


Jurusan Teknik Fisika akan memberikan mahasiswa banyak hal terkait degngan fisika dan teknologi. Tidak heran jika nanti banyak pelajaran di jurusan ini mirip atau sama dengan Teknik Material, Teknik Mesin, Teknik Kimia, ataupun Teknik Elektro.

Dasar-dasar keilmuan Teknik Fisika yang lebih luas membuat mahasiswabisa menganalisa masalah yang melibatkan beberapa bidang teknik. Ini yang menjadi keunggulan lulusannya bagi yang nanti berkecimpung dalam bidang industri yang kompleks.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4357 seconds (0.1#10.140)