Ini Perbedaan Magang dan KKN, Mirip tapi Tak Sama

Minggu, 21 Mei 2023 - 07:10 WIB
loading...
Ini Perbedaan Magang dan KKN, Mirip tapi Tak Sama
Mahasiswa UGM menjalani KKN di sejumlah daerah di Indonesia. Foto/Dok/Humas UGM
A A A
JAKARTA - Istilah magang serta KKN (kuliah kerja nyata) tentu tidak asing lagi untuk mahasiswa. Meski keduanya terlihat mirip, namun kegiatan magang dan KKN berbeda. Apa yang membedakan program magang dan KKN?


Berikut perbedaanprogram magang dan KKN:


1. Lama Waktu

Pada program magang bersertifikat, mahasiswa akan mendapat pengalaman kerja selama 1-2 semester. Sementara, KKN pada umumnya berlangsung dalam waktu 1-2 bulan.



Namun, lamanya waktu tersebut tergantung kepada kebijakan universitas masing-masing. Pada KKN , mahasiswa juga dibagi ke dalam beberapa kelompok. Sedangkan magang, bisa dilakukan secara perorangan, tidak berkelompok.

2. Lokasi

Biasanya mahasiswa yang mengikuti program magang akan diarahkan ke suatu perusahaan. Hal ini agar mahasiswa dapat merasakan dunia kerja sebelum benar-benar merasakannya. Berbeda dengan program magang, KKN lazimnya dilakukan di tempat yang jauh dari perkotaan, seperti di suatu daerah/desa.

3. Tujuan

Pada program magang, mahasiswa dianjurkan mencari perusahaan sebagai tempat magang. Dengan mengikuti program magang, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana dunia kerja yang sebenarnya.

Selain itu, mahasiswa juga dapat mengerti kehidupan di tengah-tengah karyawan. Magang juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan pengetahuan hal yang diperolehnya di perkuliahan.

Di program KKN, mahasiswa tidak mendapatkan suasana bekerja di perkantoran. Sebab, mahasiswa akan tinggal bersama dengan warga di suatu desa atau daerah selama beberapa waktu. Di masa itu, para mahasiswa memberikan pengabdiannya dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

4. Manfaat

Magang dan KKN memberikan manfaat yang berbeda untuk mahasiswa. Magang dapat membantu mahasiswa untuk membangun jaringan hingga meningkatkan pengetahuan seputar dunia kerja.

Sementara itu, KKN membantu mahasiswa untuk berkontribusi aktif dalam pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Di samping itu pula, KKN dapat menambah serta memperoleh pemahaman yang lebih terkait dengan masyarakat dan budaya di suatu daerah.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)