Sama-sama Sekolah Kedinasan Kemenhub, Ini Bedanya STIP dengan STPI

Rabu, 24 Mei 2023 - 05:10 WIB
loading...
Sama-sama Sekolah Kedinasan Kemenhub, Ini Bedanya STIP dengan STPI
Perbedaan STIP dengan STPI. Keduanya merupakan sekolah kedinasan Kemenhub. Foto/STIP.
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki sejumlah sekolah kedinasan untuk melahirkan calon PNS. Dua di antaranya adalah STIP dan STPI.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki 22 sekolah kedinasan yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Kompetensi keahlian yang diberikan akan melahirkan SDM ungggul untuk bidang transportasi darat, laut dan udara.

Misalnya untuk udara ada Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar, atau Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug.

Sementara di ranah laut ada Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatra Barat, Poltekpel Banten, maupun Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.

Lalu untuk transportasi darat tersedia Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali, PTDI-STTD Bekasi, hingga Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun.

Baca juga: 5 PTN yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Syarat Nilai UTBK 2023

Bagi sebagian masyarakat, yang ingin masuk sekolah kedinasan Kemenhub mungkin masih ada yang bingung antara STPI dengan STIP. Jika STIP itu adalah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, lalu apa itu STPI?

STPI itu adalah Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) yang saat ini sudah berganti nama menjadi Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug.

Dikutip dari laman resminya, berikut ini informasinya.

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta


Laman Badan Pengembangan SDM Kemenhub menjelaskan, STIP merupakan sekolah kedinasan Kemenhub yang sudah berdiri sejak tahun 1953 yang dulu dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran atau Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP).

STIP Jakarta saat ini berada di Jalan Marunda Makmur Kelurahan Marunda Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. STIP memiliki 3 program studi yang bisa dipilih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)