Kampus dengan Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi QS World University Rankings

Kamis, 25 Mei 2023 - 17:26 WIB
loading...
Kampus dengan Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi QS World University Rankings
Jurusan Ilmu Komputer. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ilmu komputer adalah salah satu jurusan dengan jumlah peminat yang banyak. Para lulusannya dibutuhkan guna mendukung bisnis di era teknologi.

Di Indonesia, terdapat sejumlah kampus yang memiliki jurusan ilmu komputer terbaik. Berikut 4 universitas dengan jurusan ilmu komputer terbaik di Indonesia menurut QS World University Rankings 2023.


Berikut 4 universitas dengan jurusan ilmu komputer terbaik di IndonesiaVersi QS WUR 2023:


1. Universitas Indonesia

Jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer. Program S1 Ilmu Komputer menawarkan mata kuliah terapan yang digolongkan dalam tiga peminatan, yaitu kecerdasan artifisial, infrastruktur & keamanan, serta rekayasa perangkat lunak.



Fakultas Ilmu Komputer menyelenggarakan pendidikan S1, S2, hingga S3. Dari data Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), peminat jurusan ini pada 2022 mencapai 1.642 orang, sedangkan daya tampung pada 2023 adalah 72 orang.

Jurusan Ilmu Komputer UI menempati posisi pertama di Indonesia berdasarkan versi QS World University Rankings by Subject 2023, sementara di dunia berada di peringkat 251-300.

2. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) tercatat sebagai salah satu kampus yang mempunyai jurusan ilmu komputer terbaik. Kampus yang terletak di Bandung ini menempati peringkat kedua di Indonesia untuk kategori Computer Science and Information Systems.

Sementara di dunia, berada pada peringkat 301-350. Di tahun sebelumnya, ITB juga menempati peringkat kedua secara nasional. Tetapi dalam skala dunia, pada 2022, berada di peringkat 251-300.


3. Universitas Bina Nusantara

Jurusan Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara (Binus) mampu bersaing dengan sejumlah kampus ternama. Hal ini terbukti dengan masuknya Binus dalam daftar kampus dengan jurusan ilmu komputer terbaik di Indonesia menurut versi QS World University Rankings.

Pada 2023, jurusan Ilmu Komputer Binus menempati peringkat ketiga, sedangkan di dunia berada di peringkat 351-400. Posisi ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 2022, Binus Systems bertengger pada peringkat kelima dan peringkat 401-450 di dunia dalam kategori Computer Science and Information Systems.

4. Universitas Gadjah Mada

Selanjutnya, ada jurusan Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada (UGM) yang menempati peringkat keempat di Indonesia. Sementara itu, di tingkat dunia, jurusan Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada (UGM) berada pada peringkat 351-400.

Penyelenggaraan jurusan ilmu komputer di UGM berada di bawah Departemen Ilmu Komputer dan Informatika. Jurusan Ilmu Komputer pada program S1 UGM telah terakreditasi A. Peminat jurusan ini berdasarkan SNBT mencapai 1.173 orang, sedangkan daya tampungnya hanya 24 orang pada 2023.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)